Bersin dengan Mata Tetap Terbuka, Bisakah?

FOTO | doc.Bersin
A A A

JAKARTA — Ada anggapan bahwa tekanan yang terjadi saat bersin begitu kuat, sampai-sampai bola mata bisa keluar jika tidak dipejamkan. Jika itu hanya mitos, mungkinkah seseorang bersin dengan mata tetap terbuka?

Seorang ilmuwan dari Houston Methodist Hospital, dr David Huston menegaskan, bersin dengan mata tetap terbuka bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Secara teori, hal itu bisa-bisa saja dilakukan.

"Fakta bahwa bersin bisa terjadi dengan mata terbuka menunjukkan bahwa memang tidak mutlak atau wajib," katanya, dikutip dari Livescience, Jumat (23/12/2016).

Namun demikian, para ilmuwan masih terus mencari tahu kenapa mata selalu terpejam saat bersin. Salah satu spekulasi yang berkembang mengatakan bahwa mata yang terpejam adalah mekanisme untuk melindungi mata dari partikel yang dikeluarkan saat bersin.

Menurut penelitian terbaru di jurnal PLOS One, semburan partikel yang keluar dari hidung maupun mulut saat bersin bisa meluncur hingga 10 mil per jam. Sebelumnya bahkan para ilmuwan meyakini bahwa kecepatannya bisa menembus angka 100 mil per jam.

"Mungkin orang menutup mata saat bersin untuk menghalangi partikel agar tidak masuk ke mata," kata dr Huston.

Anggapan bahwa tekanan saat bersin bisa membuat bola mata keluar dari tempatnya sudah berkembang sejak lama. Meski demikian, tidak ada bukti yang kuat bahwa pernah ada orang yang mengalaminya.

Faktanya, peningkatan tekanan ketika bersin bukan terjadi pada otot mata melainkan pada pembuluh darah di sekitarnya. Risiko terburuk dari peningkatan tekanan tersebut adalah pecahnya pembuluh yang hanya akan membuat mata atau wajah memerah.

Sumber: detik.com
Rubrik: Kesehatan

Komentar

Loading...