Keindahan Geopark-Geopark di Indonesia

Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

FOTO | ISTIMEWAGeopark Maros
A A A

BELAKANGAN ini destinasi wisata taman bumi atau dikenal dengan istilah geopark pamor. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan, bahkan berpotensi menjadi objek wisata kelas dunia.

Seperti baru-baru ini nama Geopark Ciletuh di Sukabumi semakin terkenal di mata wisatawan. Keindahan dari objek wisata tersebut tak terbantahkan.

Ditambah lagi geopark yang tak kalah cantik di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros. Destinasi tersebut didaftarkan sebagai warisan dunia kategori UNESCO Global Geopark (UGG).

“Tahun ini proposal Geopark Maros kita ajukan ke UNESCO. Kita harapkan tahun depan geopark nasional ini akan menjadi UGG atau Geopark kelas dunia,” kata Menpar Arief Yahya, lewat siaran persnya, Jumat 13 Juli 2018.

Dia menambahkan, masih ada empat destinasi geopark yang terkenal di Indonesia. Seperti Gunung Sewu, Gunung Batur, dan Gunung Rinjani. Ada juga 7 geopark nasional lainnya seperti Kaldera Toba, Merangin, Belitong, Bojonegoro, Tambora, Maros Pangkep, dan Raja Ampat.

Di samping itu, masih ada 80 geopark ternama lainnya yang berpotensi naik pamor di kancah internasional. Termasuk salah satunya geopark di Maros yang indahnya bukan main.

“Indonesia mempunyai potensi sekitar 80 geopark, sebagian besar berada di wilayah Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Meski tergolong destinasi baru, wisatawan sudah mulai menyerbu berbagai macam destinasi geopark di Indonesia. Namun memang beberapa lokasi belum memiliki fasilitas yang memadai untuk wisatawan. Ditambah sarana transportasi umumnya juga belum tersedia dengan baik.

Menpar Arief Yahya menyebutkan, jumlah wisatawan yang mengeksplorasi geopark tersebut tidak kurang dari empat juta orang. Wisatawan banyak yang sudah paham dengan Geopark di Pacitan dan Gunungkidul.

“Begitu pula Geopark Super Volcano Toba setelah gencar kita promosikan. Sampai menarik jumlah wisatawan mancanegara datang kesana naik 300%," sebutnya.

Agar tambah meningkat tentu promosi harus lebih digencarkan dengan berbagai cara. Salah satunya yakni pamer foto lewat media sosial yang kini dilakukan para generasi milenial.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...