Wanita Kurus

Berisiko Lebih Besar Terkena Kanker Payudara

FOTO | Hindustan TimesBertubuh kurus tak membuat wanita lebih sehat. Wanita bertubuh kurus berisiko empat kali lebih besar mengidap kanker payudara dibandingkan wanita gemuk.
A A A

JAKARTA - Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Institute of Cancer Research (ICR) London menunjukkan bahwa wanita kurus berisiko tinggi terserang penyakit kanker payudara. Tak tanggung-tanggung, wanita bertubuh kurus berisiko empat kali lebih besar mengidap kanker payudara dibandingkan wanita gemuk.

Dilansir dari The Sun, peneliti meneliti 758.592 responden wanita berusia 18—54 tahun. Penelitian dilakukan lebih dari 9 tahun. Pada akhir penelitian, peneliti menemukan sebanyak 13.082 wanita mengidap kanker payudara. Selama ini obesitas dikaitkan dengan risiko kanker payudara karena hormon estrogen yang diproduksi oleh sel-sel lemak.

"Namun tampaknya hubungan ini tak berlaku pada mereka yang berusia lebih muda. Kanker payudara justru menggerogoti perempuan bertubuh kurus," ujar Dr Minouk Schoemaker dari ICR.

Terkait hasil temuan terbaru ini, Charity Breast Cancer menghimbau para wanita, khususnya mereka yang bertubuh kurus untuk berhati-hati dengan risiko kanker payudara lantaran penyakit mematikan ini tak hanya mengincar wanita bertubuh gemuk namun juga bertubuh kurus. Bahkan faktor risiko yang didapat wanita kurus lebih besar.

"Rutin melakukan deteksi dini melalui USG payudara dan mamografi serta menjaga indeks massa tubuh ideal merupakan salah satu cara untuk terhindar dari kanker payudara," paparnya.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...