Teror di Masjidil Haram

Berhasil Digagalkan Pasukan Keamanan

FOTO | REUTERSPenampakan lokasi pelaku teror Masjidil Haram meledakkan diri
A A A

MEKKAH - Aksi teror di kawasan Masjidil Haram berhasil digagalkan pasukan keamanan Arab Saudi. Teror tersebut merupakan yang pertama sejak Kepala Kontra-Terorisme Saudi dijabat Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef.

Dilansir dari AFP, Sabtu (24/6/2017), Pangeran Abdulaziz menjabat pekan ini menggantikan Pangeran Mohammed. Pangeran Abdulaziz merupakan keponakan Pangeran Mohammed.

Kemampuan kontra-terorisme Arab Saudi yang selama bertahun-tahun dikepalai oleh Pangeran Mohammed bin Nayef memiliki ranking baik secara internasional.

Hanya saja beberapa hari lalu Pangeran Mohammed digulingkan dari jabatannya sebagai putra mahkota dan menteri dalam negeri. Posisinya sebagai pewaris tahta digantikan oleh Mohammed bin Salman.

Aksi teror di Arab Saudi yang didalangi ISIS terutama menargetkan kelompok minoritas Syiah dan pasukan keamanan. Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi sebelumnya telah menyerukan serangan terhadap pihak kerajaan.

Sejak Juli tahun lalu, Polisi telah meningkat sekitar 40 orang termasuk warga Saudi dan Pakistan atas dugaan terlibat aksi ekstrimis.

Lima orang ditangkap terkait aksi teror pada Jumat (23/6) kemarin yang berhasil digagalkan. Sementara satu lainnya tewas usai meledakkan diri sendiri di sebuah apartemen.

Sebelum meledakkan diri, terduga pelaku yang tewas tersebut terlibat baku tembak dengan petugas. Apartemen yang menjadi lokasi peledakan runtuh dan menyebabkan 6 jemaah umrah yang menginap di dalamnya mengalami luka.

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...