Mahathir Mohamad

Berharap Raja Baru Malaysia Segera Terpilih

FOTO | ISTIMEWAMahathir mengatakan, pemilihan rajab baru Malaysia harus dipercepat karena dia harus mengadakan audiensi dengan raja mengenai hal-hal tertentu.
A A A

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad berharap raja baru Malaysia akan dipilih sesegera mungkin. Mahathir mengatakan, pemilihan harus dipercepat karena dia harus mengadakan audiensi dengan raja mengenai hal-hal tertentu.

"Pemerintah menerima keputusan (Sultan Kelantan) Sultan Muhammad V untuk mundur. Itu sesuai dengan konstitusi," kata kantor Perdana Menteri Malaysia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (7/1).

Raja Malaysia Sultan Muhammad V yang bergelar Yang di-Pertuan Agong ke-15 resmi mengundurkan diri, semalam. Pengunduran diri seorang raja baru pertama kali terjadi di Malaysia.

Raja tersebut mulai memerintah pada 13 Desember 2016. Menurut pihak kerajaan, pengunduran dirinya sesuai dengan Pasal 32 (3) Konstitusi Federal. Para penguasa Kerajaan Malaysia dijadwalkan bertemu hari ini dan alasan pengunduran diri Raja Malaysia ini belum diketahui.

Banyak orang Malaysia sekarang bertanya-tanya siapa yang akan menjadi Yang di-Pertuan Agong ke-16, dan bagaimana dia akan dipilih.

Malaysia adalah satu-satunya negara di dunia yang rajanya dipilih untuk melayani kerajaan secara bergilir. Sesuai aturan, Yang di-Pertuan Agong dan wakil Yang di-Pertuan Agong terpilih melayani kerajaan selama lima tahun.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...