Menahan Bersin,

Berdampak Buruk bagi Kesehatan

FOTO | ISTIMEWAILustrasi bersin
A A A
Pria itu menjelaskan, rasa sakit pada lehernya terjadi selepas dirinya mencoba menahan bersin dengan menekan hidung dan menutup mulut. Akibat rasa sakitnya, dia harus menjalani perawatan selama satu minggu di rumah sakit,

LONDON - Kalangan ahli kesehatan di Inggris menyatakan, menahan bersin dapat memberikan dampak kesehatan yang buruk seperti, gangguan gendang telinga atau pecahnya pembuluh darah dalam otak.

Kajian yang diterbitkan jurnal BMJ Case Reports menjelaskan, melakukan tindakan menahan saat hendak bersin, membuat tekanan di bagian saluran hidung dan leher bertambah.

Baru-baru ini, seorang pria berusia 34 tahun datang ke sebuah rumah sakit di Leicester, Inggris, dengan kondisi leher yang bengkak dan mengalami kesakitan, akibat menahan bersin.

"Pria itu menjelaskan, rasa sakit pada lehernya terjadi selepas dirinya mencoba menahan bersin dengan menekan hidung dan menutup mulut. Akibat rasa sakitnya, dia harus menjalani perawatan selama satu minggu di rumah sakit," terang dokter yang menangani kasus tersebut, seperti dilansir laman AFP, Selasa (16/1).

Tindakan CAT Scan yang dilakukan terhadap pasien menunjukkan, daya tekanan akibat menahan bersin telah menyebabkan bagian lehernya mengalami gangguan.

Pasien tersebut tidak boleh menelan atau berbicara, dan harus diberikan asupan makanan serta antibiotik dengan menggunakan infus, untuk mengurangi bengkak dan menghilangkan rasa sakit.

"Menahan bersin dengan menyekat lubang hidung dan mulut adalah tindakan berbahaya dan harus dihindari," terang dokter.

Menahan bersin dengan menyekat lubang hidung dan mulut adalah tindakan berbahaya dan harus dihindari,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...