Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Belum Akan Cabut Sanksi Terhadap Rusia

FOTO | ISTIMEWAPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump
A A A

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum akan mencabut sanksi ekonomi terhadap Rusia. Hal itu disampaikan oleh Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Ben Cardin.

Cardin mengatakan, dia mendapat informasi Trump akan mencabut sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Rusia itu. Namun, sampai saat ini pihak Trump belum melakukan kontak dengan Senat untuk membahas hal ini.

"Saya sama sekali belum pernah melakukan kontak dengan administrasi Turmp mengenai masalah kebijakan luar negeri, termasuk Rusia," ucap Cardin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (1/2).

Cardin juga mengatakan, ia belum secara resmi diberitahu tentang apakah masalah sanksi dibahas dalam pembicaraan antara Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. "Bahkan saya tidak mendapatkan informasi apapun mengenai pembicaraan itu," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Senat Komite Hubungan Luar Negeri Bob Corker mengatakan kepada pihaknya sedang merancang undang-udang untuk menghambat kemampuan Trump untuk mencabut sanksi terhadap Rusia. Diharapkan RUU bisa segera dibahas di rapat Senat.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Mikhael Y Galuzin mengatakan pihaknya tidak ambil pusing soal keputusan Barat, khususnya AS, untuk mencabut sanksi terhadap Moskow atau tidak. Dia menegaskan Rusia tidak akan memohon kepada Barat untuk mencabut sanksi itu.

"Sanksi AS kepada Rusia itu bukan urusan kami. Kami tidak memulai sanksi ini. Kami anggap ini ilegal, dan merusak kedua sisi. Sanksi dibuat oleh Barat, dan itu terserah mereka untuk mencabut atau mempertahankannya," ucap Galuzin.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...