Tak Usah Khawatir,

Begini Panduan Minum Obat saat Puasa

FOTO | UsnewsIlustrasi
A A A

BERPUASA memang lebih mudah dilakukan saat badan terasa sehat. Jika sedang sakit, tentunya puasa yang dijalankan akan terasa lebih berat. Belum lagi Anda harus memikirkan bagaimana caranya bisa mengonsumsi obat agar segera lekas sembuh padahal lagi puasa.

Maka dari itu, sebelum menjalankan ibadah puasa ada baiknya Anda menjaga kondisi badan agar tetap fit. Namun apa jadinya jika Anda diharuskan tetap meminum obat selama puasa? Beberapa orang diharuskan tetap meminum obat karena mengidap penyakit tertentu.

Simak tips yang diberikan oleh Halo Apoteker Indonesia yang dimuat oleh laman Facebook Kementerian Kesehatan RI berikut.

1. Anda bisa merubah jadwal minum obat saat sahur dan buka puasa. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mengenai perubahan jadwal tersebut.

2. Obat yang dikonsumsi satu kali sehari tetap dapat dikonsumsi seperti biasa. Anda tinggal memilih kapan mau minum obat. Apakah saat sahur atau buka puasa?

3. Obat yang dikonsumsi dua kali sehari dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

4. Lalu bagaimana dengan obat yang harus diminum tiga kali sehari atau lebih? Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Gantilah obat yang harus Anda konsumsi dengan obat lain yang masih memiliki efek sama tetapi durasi aksinya lebih panjang.

Hal itu membuat frekuensi minum obat menjadi lebih sedikit. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memakai resep dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila obat yang dikonsumsi tidak bisa diganti dengan obat lain sehingga mengharuskan Anda tetap mengonsumsinya sebanyak tiga kali, Anda bisa minum obat dengan jeda 5 jam sekali dari buka puasa hingga sahur.

Lalu bagaimana dengan obat yang harus dikonsumsi empat kali sehari? Anda bisa meminum obat dengan jeda sekitar 3 jam sekali untuk mengonsumsi obat, mulai dari berbuka puasa sampai dengan sahur.

5. Lalu, bagaimana dengan obat yang dianjurkan untuk diminum sebelum atau sesudah makan? Hal itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan minum obat di waktu normal. Obat yang harus dikonsumsi sebelum makan tetap bisa diminum tiga puluh menit sebelum Anda menyantap makanan saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Untuk obat yang diminum setelah makan pun sama saja. Anda bisa meminum obat 5 – 10 menit setelah lambung Anda terisi makanan. Namun jika ada obat yang harus diminum setelah makan saat tengah malam, jangan Anda menganggap perut masih terisi dengan makanan saat berbuka puasa. Anda tetap harus makan roti atau sedikit nasi sebelum meminum obat.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan agar bisa tetap mengonsumsi obat sesuai dengan aturan dokter tanpa harus menggangu puasa.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...