Tanpa Obat,

Begini Cara Atasi Alergi Debu saat Berpuasa

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SAAT berpuasa, tubuh mengistirahatkan diri. Tidak ada apapun yang masuk ke dalam mulut dan badan. Lalu, bagaimana jika penyakit datang dan mengharuskan untuk minum obat? Sebut saja alergi. Penyakit tersebut terbilang sangat sensitif.

Sedikit saja faktor pembentuk penyakit itu menyerang tubuh, maka badan pun akan langsung merespon. Nah, obat menjadi cara ampuh untuk mengembalikan tubuh ke kondisi normal. Tapi, saat berpuasa, mengonsumsi obat sangat dilarang.

Lagi pula, mengonsumsi terus menerus obat-obatan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Kemudian apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan alergi tersebut? Dilansir dari Shape, terdapat 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengobati alergi debu.

1. Nasal Gel
Dengan mengoleskan nasal gel, alergi bisa sedikit terobati. Cara ini cocok bagi mereka yang alergi akan debu. Dengan kandungan Galfimia Glauca, itu cukup baik untuk mengembalikan pernafasan yang segar dan sehat.

2. Pergi Ke Wilayah Berair
Pantai menjadi pilihan yang tepat. Diketahui, pantai memiliki serbuk sari dan jamur yang sedikit, sehingga meminimalisir alergi debu dan kotoran yang Anda rasakan. Panasnya matahari juga akan membantu memulihkan suhu tubuh yang tidak stabil.

3. Masker Alergi
Mengenakan masker dengan filter HEPA built-in jadi jalan alternatif untuk mereka yang sedang alergi parah. Penggunaannya pun tak melulu. Anda hanya membutuhkannya ketika Anda ingin memotong rumput, menyapu, atau aktifitas lain yang berhubungan langsung dengan debu dan udara.

4. Tutup Jendela, Lalu Nyalakan AC!
Langkah ini mungkin yang paling mudah. Sebab, jika kebetulan Anda sedang di dalam rumah, Anda hanya perlu menyalakan AC dan tutup semua jendela. Jangan biarkan ada debu yang masuk. Udara yang diciptakan pendingin ruangan biasanya mampu meminimalisir kuman bakteri penyebab alergi.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...