Selain Daun Sirih,

Bawang Merah Juga Ampuh Atasi Mimisan

FOTO | ISTIMEWABawang Merah
A A A

HAMPIR semua makanan khas Nusantara menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbunya. Bawang merah mampu menambah cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Akan tetapi, memasak dengan bawang merah bukanlah sesuatu yang mudah. Alasannya karena mata akan terasa perih hingga mengeluarkan air mata.

Meski begitu, tahukah Anda bahwa bawang merah bagus untuk kesehatan? Melansir Ndtv, Jumat (12/1/2018), bawang merah mengandung flavonoid yang dapat menurunkan produksi LDL atau kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, senyawa tersebut juga memiliki kemampuan antiinflamasi untuk mencegah terjadinya arthritis.

Manfaat lain dari bawang merah adalah kandungan vitamin C dan fitokimia yang dapat membantu membangun kekebalan tubuh serta pembentukan kolagen yang bertanggung jawab untuk kesehatan kulit dan rambut. Ada pula senyawa Quercetin yang berperan dalam pencegahan kanker, terutama kanker perut dan kolorektal.

Selain itu, ada senyawa kromium yang membantu mengontrol kadar gula darah. Tentu ini bagus bagi orang-orang yang terkena diabetes. Bagi Anda yang mengalami depresi dan kesulitan tidur, kandungan folat di bawang merah dapat membantu mengatasi kedua masalah tersebut. Mencampurkan jus bawang merah dan madu juga efektif sebagai obat demam dan alergi.

Di sisi lain, cara mengonsumsi bawang merah dapat membawa manfaat yang berbeda. Contoh, mengonsumsi bawang merah mentah dapat meningkatkan kesehatan mulut dan bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah bau mulut. Bawang merah mentah membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.

Sementara itu, ketika Anda hendak memotong bawang merah ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar manfaatnya tidak hilang. Pertama, saat mengupas bawang merah usahakan hanya sedikit bagian luarnya saja. Sebab bila terlalu banyak bagian yang dikupas, kandungan kuersetin dan antosianin di bawang merah akan hilang.

Kedua, bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari sifat antibakteri dan antiinflamasi, irisan bawang merah harus langsung dikonsumsi. Jangan konsumsi irisan bawang yang telah disimpan selama satu atau dua hari karena kandungan manfaatnya sudah hilang sehingga menjadi percuma.

Fakta lain yang perlu diketahui tentang umbi ini adalah bawang merah dapat mengatasi mimisan. Caranya potong bawang merah seukuran dadu dan diletakkan di bawah lubang hidung. Kemudian hiruplah gas yang keluar dari bawang untuk menghentikan atau memperlambat pendarahan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...