Ban Ki Moon Tekan Tombol Timesquare

FOTO | IstimewaBan Ki Moon | sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
A A A

NEW YORK - Tahun Baru biasanya awal untuk memulai sesuatu, tetapi bagi Ban Ki Moon awal tahun ini justru saat untuk mengakhiri jabatannya sebagai sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun, Pria asal Korea Selatan ini akan mengakhiri dua periode masa jabatannya sebagai sekjen PBB dengan manis. Ban Ki Moon akan memandu hitungan mundur 60 detik menuju tahun baru di Waterford Crystal, Time Square, New York. Perayaan tahun baru di Time Square merupakan acara tahunan yang digelar sejak 31 Desember 1907.

Perayaan legendaris ini akan ditandai dengan jatuhnya bola Time Square tepat satu menit sebelum pergantian tahun. Adalah Adolph Ochs, pemilik surat kabar The New York Times yang menggagas acara tahunan ini. Dari tahun 1907 perayaan tahunan hanya terhenti pada 1942 dan 1943 karena pecahnya Perang Dunia II.

Terpilihnya Ban–sapaan akrab Ban Ki Moon–sebagai penekan tombol dan pemimpin hitung mundur perayaan tahun baru diumumkan Times Square Alliance and Countdown Entertainment sejak Senin (26/12) lalu. Hari terakhir tengah malam di tahun 2016 bertepatan dengan hari terakhir Ban menjabat sebagai Sekjen PBB.

Artinya, saat bola di Waterford Crystal jatuh sekaligus menandakan periode kedua dari 10 tahun kepemimpinan Ban sebagai sekjen PBB. ”Pada suatu waktu, di mana dunia terlihat menjadi lebih rapuh, terpecah, dan terputus, tak ada yang lebih penting dari simbolisasi perayaan global PBB dan visi kemanusiaannya,” kata Tim Tompkins, Presiden Aliansi Times Square seperti dilansir UPI.

Dia menambahkan, simbolisme dari terpilihnya Ban merupakan sebuah kehormatan. ”Tak seperti banyaknya suarasuara lain di dunia hari ini, warisan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk membawa persatuan bagi rakyat dan bangsa-bangsa, mendukung pengungsi, bantuan kemanusiaan, menentang peperangan menjadi sejalan dengan harapan Tahun Baru untuk menjadi sebuah dunia yang lebih baik,” tambah Tompkins.

Sebelumnya tokoh-tokoh penting lain seperti Bill dan Hillary Clinton, Muhammad Ali, Christopher Reeve, juga pernah menekan tombol di Waterford Crystal. Tahun ini malam acara pergantian tahun di Times Square juga dimeriahkan oleh penampilan diva Mariah Carey.

Malam Tahun Baru di Kota New York juga akan dimeriahkan oleh Gloria Estefan dan Silento. Ibu Negara Michelle Obama juga akan berpidato melalui saluran video yang akan ditayangkan pada acara ini. Setelah tengah malam atau pada 1 Januari 2017 jabatan sekjen PBB akan dipegang oleh Antonio Guterres, seorang warga negara Portugal.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...