Uni Eropa

Balas Kenakan Tarif Impor dari AS

FOTO | ILUSTRASIIlustrasi kerjasama dagang Uni Eropa dan Amerika Serikat.
A A A

BRUSSELR - Uni Eropa (UE) akan mulai menerapkan tarif impor sebesar 25% atas sejumlah produk asal Amerika Serikat, Jumat (22/6) pekan ini, sebagai balasan tarif produk baja dan aluminium asal UE yang diterapkan AS awal bulan ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisi Eropa, Rabu (20/6) waktu setempat, memastikan adanya tindakan saling balas yang bisa memburuk menjadi perang dagang, khususnya kalau Presiden AS Donald Trump merealisasikan ancamannya untuk memberi penalti atas produk mobil Eropa.

Komisi Eropa secara resmi mengesahkan undang-undang penerapan bea senilai 2,8 miliar euro untuk produk-produk asal AS, termasuk produk baja dan aluminium; produk pertanian seperti jagung dan kacang; bourbon; jeans; dan sepeda motor.

“Kami sebetulnya tidak ingin berada dalam situasi ini," kata Komisioner Dagang UE Cecilia Malmstrom dalam pernyataannya. Dia menambahkan keputusan "sepihak dan tak berdasar" oleh AS membuat UE tidak punya pilihan.

Malmstrom mengatakan tindakan balasan UE ini wajar dan sejalan dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan akan dihapus jika AS melakukan hal serupa. Nilai ekspor baja dan aluminium UE yang terancam tarif AS mencapai 6,4 miliar euro.

Pada awal Juni, Trump menghantam UE, Kanada, dan Meksiko dengan tarif 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium.

Kanada sudah mengumumkan akan menerapkan tarif balasan untuk ekspor AS senilai US$ 12,5 miliar mulai 1 Juli, sementara Meksiko dua pekan lalu sudah menerapkan tarif balasan.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...