Bahaya Squishy bagi Kesehatan yang Tak Kamu Sadari

FOTO | ISTIMEWABahaya Squishy
A A A

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan squishy. Squishy adalah mainan anak-anak yang sedang tren karena bentuknya yang lucu dan harum. Mainan ini memiliki berbagai macam bentuk mulai dari makanan, buah-buahan sampai karakter kartun. Ketika anda menekan squshy ini, bentuk squishy akan mengembang seperti semula.

Artis Indonesia Ria Ricis rela merogoh kocek dalam demi mengoleksi squishy. Tak tanggung tanggung, ia rela mengeluarkan uang hingga Rp80 juta untuk koleksi squishynya tersebut. Namun, taukah Anda jika squishy mengandung bahan kimia yang berbahaya?

Dilansir Okezone dari Metro, Selasa (4/9/2018) Badan Perlindungan Lingkungan Denmark memperingatkan bahwa, mainan busa yang lucu ini memiliki bahan kimia yang bisa beresiko bagi kesehatan Anda. Badan ini menguji dua belas squishy dan menemukan bahwa semuanya mengandung bahan kimia yang bisa memicu kanker. Tak hanya itu, bahan kimia ini dapat menyebabkan kerusakan hari, masalah pernapasan, infertilitas dan iritasi mata.

Setelah penelitian itu dilakukan, Denmark melarang mainan itu. “Ketika dua belas mainan mengandung zat berbahaya, lonceng alarm mulai berbunyi. Ini menunjukkan mungkin ini berlaku bagi semua squishy,” kata Jakob Ellemann-Jensen menteri Denmark untuk lingkungan dan kesehatan.

Hasil dari penelitian ini telah dibagikan ke negara lain tetapi belum ada larangan yang berlaku untuk mainan ini. Mereka mendesak distributor dan importir untuk menghapus semua squishies sampai dapat dibuktikan bahwa mainan ini tidak mengeluarkan bahan kimia yang dapat membahayakan anak-anak.

Penelitian ini juga menganalisis bahan kimia yang dilepaskan oleh squishy jika seorang anak tidur dengan mainan itu selama satu jam setelah dikeluarkan dari kemasannya. Analisis menemukan bahwa anak-anak akan terkena DMF dengan tingkat yang tidak dapat diterima. Bahan kimia ini dapat diserap melalui kulit dan dikaitkan dengan kerusakan hati, sembelit dan muntah.

Mereka juga menemukan bahwa dua belas squishy mengandung kadar triethylenediamine dan cyclohexanone yang tinggi. bahkan tiga hari setelah mainan dikeluarkan dari kemasannya, kadar kimia ini tetap sangat tinggi.

Sangat sulit menerapkan larangan ini karena tidak diketahui merek apa yang mengandung bahan kimia tersebut. Tetapi beberapa produsen biasanya berasal dari Jepang. Industry mainan di Eropa memperingatkan peringatan ini karena penelitian hanya menguji dua belas squishy.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...