Kandungan Gula Nasi Dingin Lebih Rendah,

Bagus untuk Penderita Diabetes

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A
Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa memengaruhi diet pada diabetes itu cocok atau tidak, namanya indeks glikemik (angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan). Penelitian memang menunjukkan nasi yang sudah dibiarkan pada suhu ruangan, bisa menurunkan indeks glikemik,

SAYANG rasanya bila harus membuang nasi yang belum habis saat makan malam, apalagi jika masih bisa dihangatkan atau dikonsumsi pada keesokan harinya.

Bahkan, ada yang menyebutkan bila mengonsumsi nasi putih yang didiamkan selama semalam tergolong aman untuk penderita diabetes. Benarkah demikian?

Menurut ahli nutrisi, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, kandungan gula pada nasi dingin memang tergolong lebih rendah. Hal ini yang kemudian kerap disebut-sebut bisa membantu menurunkan gula dalam darah pada penderita diabetes.

“Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa memengaruhi diet pada diabetes itu cocok atau tidak, namanya indeks glikemik (angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan). Penelitian memang menunjukkan nasi yang sudah dibiarkan pada suhu ruangan, bisa menurunkan indeks glikemik,” tutur Juwalita di kawasan Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Meski nasi dingin mengandung gula yang lebih sedikit dibandingkan nasi hangat, Juwalita menyebut diet yang sehat tidak cukup hanya dengan mengonsumsi karbohidrat dingin. Namun, perlu diikuti dengan konsumsi sayur dan lauk berprotein. Komposisi makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan sayur mayor.

“Orang yang terkena diabetes harus seimbang dietnya. Karbohidratnya yang kompleks, yang whole grains, seperti nasi merah, nasi hitam, nasi coklat, roti gandum juga bisa. Jenis karbohidrat tersebut ada seratnya, jadi saat dikonsumsi, gula darah naiknya tidak cepat dan secara bertahap dikeluarkan,” papar Juwalita.

Kemudian, jangan lupakan olahraga. Perlu diingat, jangan olahraga saat perut dalam keadaan kosong. “Kalau pagi biasa olahraga, jangan sampai perut kosong, apalagi yang minum obat,” ujar wanita berambut pendek itu.

“Kalau pagi-pagi langsung olahraga, bisa meningkatkan indeks glukosa dalam tubuh. Takutnya gula darah akan drop, orang bisa pingsan. Jadi, makan dulu, yang ringan, 15 menit sebelum olahraga,” tutupnya.

Orang yang terkena diabetes harus seimbang dietnya. Karbohidratnya yang kompleks, yang whole grains, seperti nasi merah, nasi hitam, nasi coklat, roti gandum juga bisa. Jenis karbohidrat tersebut ada seratnya, jadi saat dikonsumsi, gula darah naiknya tidak cepat dan secara bertahap dikeluarkan,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...