Begini Aturan Sarapan,

Bagi Orang yang Diet Ingin Turunkan Berat Badan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SARAPAN berlaku bagi siapapun, tak terkecuali bagi orang yang diet. Tapi khusus mereka, ada aturannya lho agar tidak mengacaukan rencana dietnya. Orang yang diet asal-asalan dipikirnya kebiasaan sarapan membuat tubuhnya tambah gemuk. Sehingga umumnya yang terjadi mereka mengurangi makan agar berat badannya ideal.

Anggapan itu salah, karena sekalipun diet, Anda harus tetap menyantap menu sarapan yang sudah ditentukan oleh ahli diet. Karena diet yang tepat, juga tetap mengatur pola makan sebanyak tiga kali sehari, supaya tidak asal-asalan.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan, bagi orang diet ada aturan makannya di saat sarapan. Namun, bukan berarti mereka tidak boleh melakukannya karena ingin langsing.

"Kalau orang gemuk yang sedang diet, sebelum makan di pagi hari pastikan minum air putih, olahraga sesuai anjuran, lalu makan," ujar Prof Hardin ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, di sela peringatan Pekan Sarapan Nasional.

Menu sarapan yang dianjurkan, tambahnya, sudah diatur takarannya oleh sang pakar. Pastinya, saat sarapan Anda harus mencukupi seperempat porsi gizi harian yang terdiri dari 1500-2000 kalori.

Prof Hardin menyebutkan, menu sarapan yang dianjurkan untuk orang yang tengah diet yakni perbanyaklah konsumsi sumber protein dari telur, daging, ikan, dan sebagainya. Jangan lupa, tambahkan sumber serat baik, seperti sayuran hijau, wortel, buncis, kentang dan lainnya.

"Meski diet sarapan jangan dilewatkan, tapi makanannya harus diatur agar diet tidak gagal," bebernya.

Nah, sarapan dari anjuran para pakar untuk orang diet yakni harus sesuai dengan gizi seimbang. Hindari aneka makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi putih, bubur, lontong dan sebagainya.

Prof Hardin menegaskan, bagi orang yang diet sebelum memulai kebiasaan baiknya itu harus konsultasi lebih dulu. Diet harus dilakukan dengan cara aman dan terkendali sepanjang hari.

"Orang yang punya masalah kegemukan, sebelum diet harus konsultasi dulu akan lebih baik. Kalau tidak, metabolisme tubuhnya terganggu, sehingga tak berfungsi dengan baik," tutupnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...