KIP Sabang

Bacakan Hasil Tahapan Verifikasi

ACEHIMAGE.COM | JALALUDDIN ZKYPertemuan
A A A

SABANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) melakukan pertemuan dengan seluruh Partai Politik baik Partai Nasional maupun Partai Lokal, untuk mendengarkan pengumuman verifikasi tahapan akhir. Dalam pertemuan tersebut pihak Ketua Partai Politik dan perwakilan Partai yang hadir mempertanyakan beberapa hal yang dianggap ada kekeliruan pada tahapan Pemilu yang dibacakan. Para peserta yang telah mendaftar menilai kekeliruan yang disampaikan pihak KIP, sangat merugikan peserta politik, seperti peserta dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sabang Minggu (12/08/18)

"Seharusnya, pihak KIP dalam menerapkan 13 persyarakatan kepada peserta politik apabila ditemukan persoalan cukup pengurus Partai saja yang menyelesaikan persoalan dimaksud dengan KIP, tidak perlu penyelesaiannya sampai ke Panitia Pengawas Pemilu."., kata Sofi, Ketua PAN Sabang.

Menurut Sofi, untuk penyelesaian polimik antara Parpol dengan KIP sebagai penyelenggara tahapan Pemilu, tidak perlu sampai sejauh yang disampaikan KIP, tetapi cukup diselesaikan dengan pihak yang merasa tidak puas dengan KIP Sabang saja.

Karena penyelesaian yang dilakukan KIP yaitu melalui Panwaslu, akan membutuhkan waktu yang pada akhirnya kehilangan waktu untuk melakukan proses yang diharapkan oleh KIP.

Maka menurut Ketua Partai PAN Kota Sabang ini, sangat tidak efektif apa yang menjadi keputusan KIP yang dibavakan itu. Jika tidak ada pilihan lain KIP diminta untuk mengeluarkan surat yang dapat dipertanggung jawabkan dan bila perlu KIP mendatangi KPU pusat di Jakarta.

Sementara Ketua KIP Kota Sabang Azman,SE, meminta kepada peserta yang telah terdaftar dan pengurus Parpol, untuk tidak menyalahkan KIP apa yang dibacakan hari ini. Dimohkn kepada Parpol baik Parnas maupun Parlok, jika merasa dirugikan dipersilakan menempuh melalui Panwaslu.

KIP sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, tetap berpegang teguh pada pedoman dan peraturan yang berlaku. Maka, keputusannya dipersilakan kepada pihak peserta untuk menempuh jalur yang tepat yaitu Panwaslu., kata Azman.

Dijelaskan, bagi Partai Politik yang merasa tidak puas atau dirugikan, masih ada ruang untuk menempuh penyelesaiannya yaitu melalui Panwaslu. Dan KIP sesuai jadwal pengumuman verifkaai harus dilakukan hari ini.

"Apa pun dikomentari yang dikeluarkan Panwaslu, KIP akan mengikuti dan memberi hak bagi Parpol untuk melakukan perbaikan kekurangan. Apalagi waktu penyelesaiannya cukup panjang yaitu, sampai tanggal 20 September 2018 mendatang"., ungkapnya.

Hadir pada pertemuan tersebut antara lain Ketua KIP Kota Sabang Azman,SE, para Komisioner KIP, Ketua Partai PAN Sofi, Ketua Partai Demokrat Indra Nasution, Ketua Partai PPP M.Taher Abdullah Leupu, Ketua Partai Perindo Ridwan Saidi dan para perwakilan Partai peserta Pemilu yang terdaftar di KIP Kota Sabang.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...