Perempuan Sering Alami Kelelahan Kronis?

Awas, Pertanda Terkena Endometriosis

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

GANGGUAN pada rahim dapat menimbulkan masalah seperti infertilitas atau kesulitan untuk hamil. Salah satu kondisi yang bisa terjadi adalah endometriosis. Penyakit ginekologis ini memengaruhi 6-10% perempuan.

Endometriosis membuat sel-sel yang harusnya berada di dalam rahim malah berkembang di tempat lain di daerah panggul. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit serta infertilitas apabila sel-sel tersebut memengaruhi hormon yang dilepaskan sepanjang siklus menstruasi dan berkembang dalam struktur tuba fallopi. Sayangnya perkembangan sel yang tidak wajar sulit didiagnosis karena gejala yang muncul tidak spesifik.

Dalam beberapa kasus diperlukan pembedahan untuk mengangkat sel-sel endometrium. Kini sebuah penelitian baru mengungkapkan bila kelelahan termasuk dalam gejala endometriosis yang dapat membantu mengidentifikasi kondisi perempuan. Dengan identifikasi tersebut, kualitas hidup perempuan bisa ditingkatkan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal tim Human Reproduction Profesor Leeners menyatakan perempuan yang didiagnosis terkena endometriosis 2 kali lebih mungkin mengalami kelelahan kronis.

"Temuan ini menunjukkan bahwa endometriosis memiliki efek pada kelelahan yang tidak bergantung pada faktor lain dan dapat dikaitkan dengan gejala penyakit," ujar pemimpin penelitian Profesor Brigitte Leeners seperti yang dikutip dari Independent, Rabu (27/6/2018).

Dari penelitian yang melibatkan 1.120 perempuan dari rumah sakit di Swiss, Jerman, dan Austria di mana setengahnya didiagnosis endometriosis, terungkap jika 50,7% perempuan dengan endometriosis mengalami kelelahan kronis. Peneliti pun menyatakan mengobati kelelahan dalam perawatan medis endometriosis dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan perempuan. Alasan lainnya karena kelelahan juga menyebabkan kondisi lain yang merugikan seperti peningkatan insomnia hingga 7 kali lipat dan depresi hingga 4 kali lipat.

"Kami percaya bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dengan endometriosis, menyelidiki dan mengatasi kelelahan harus menjadi bagian rutin perawatan medis. Dokter harus menyelidiki dan mengatasi masalah ketika berdiskusi dengan pasien untuk mendapatkan cara terbaik mengobati penyakit," pungkas profesor Brigitte.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...