Ini Caranya,

Atasi Sakit Kepala saat Puasa

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

PUASA dapat memicu terjadinya sakit kepala terhadap siapa saja. Tentu rasanya sangat tidak enak jika menjalani puasa sambil menahan sakit. Terlebih orang yang menderita penyakit migrain memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena sakit kepala saat puasa. Sakit kepala bukan hanya muncul di awal-awal bulan Ramadan.

Melainkan bisa terjadi sepanjang bulan. Salah satu studi mengatakan, orang yang menderita sakit kepala frekuensinya meningkat sebanyak 41% selama bulan Ramadan. Rasa sakit yang timbul biasanya berintensitas ringan hingga sedang.

Untuk melancarkan puasa Anda, tentunya sakit kepala harus diakhiri dengan cepat. Sampai saat ini, para periset masih mencari tahu dengan pasti apa yang menyebabkan timbulnya sakit kepala saat berpuasa. Namun beberapa faktor bisa dijadikan alasan timbulnya sakit kepala. Gula darah rendah, penarikan kafein, dehidrasi, perubahan pola aktivitas, dan kurang tidur mungkin adalah pemicu munculnya sakit kepala saat puasa.

Menurut Dr. Med Derk Krieger, ahli saraf di German Neuroscience Centre, Dubai sakit kepala bisa dihilangkan dengan cara melakukan pendekatan terapeutik. Namun hal itu tidak mungkin dilakukan selama bulan Ramadan. Dia menyarankan untuk melakukan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit kepala yaitu berbuka puasa dengan karbohidrat kompleks.

Pilihlah makanan yang memiliki indeks glisemik rendah, sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi meningkat. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah meminum secangkir kopi saat sahur agar mengurangi resiko penarikan kafein. Namun sebaiknya cara ini jangan terlalu sering Anda lakukan karena bisa memberikan efek negatif terhadap kesehatan selama puasa.

Anda juga harus menjaga rutinitas selama bulan Ramadan. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat dan sebisa mungkin memiliki waktu tidur yang cukup. Jika Anda tidak dapat mengendalikan sakit kepala dengan tindakan pencegahan, pengobatan mungkin bisa menjadi solusinya.

Anda bisa minum obat sakit kepala di saat sahur. Namun apabila sakit kepala di siang hari saat berpuasa sudah tidak terkendali, Anda harus segera mengunjungi ahli medis. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit migrain, karena bisa jadi Anda membutuhkan perawatan lain selama bulan Ramadhan untuk mengatasinya. Dilansir dari Khaleej Times, Senin (12/6/2017)

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...