Halau Ancaman Korut,

AS Kirim Belasan F-16 ke Korsel

FOTO | ISTIMEWAAngkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan mengirim 12 jet tempur multiguna F-16 Fighting Falcon tambahan ke Korea Selatan.
A A A
Penyebaran ini menunjukkan komitmen AS yang terus berlanjut untuk memenuhi tanggung jawab keamanan di seluruh Pasifik Barat, dan untuk menjaga perdamaian di wilayah ini,

WASHINGTON - Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan mengirim 12 jet tempur multiguna F-16 Fighting Falcon tambahan ke Korea Selatan (Korsel). Tambahan 12 F-16 ini dimaksudkan untuk menghalau ancaman yang ditimbulkan Korea Utara (Korut).

Komando AU AS yang berada di Pasifik atau PACAF menuturkan, pesawat dan sekitar 200 awak pesawat akan ditarik dari Skuadron Tempur ke 176 dari Garda Nasional Wisconsin Air. Mereka akan tiba pada awal Agustus dan akan ditempatkan di Pangkalan Udara Kunsan, sekitar 180 km selatan Seoul.

"AS secara rutin mengevaluasi kesiapan, dan reposisi kekuatan yang diperlukan untuk memastikan kemampuan yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban di wilayah Indo-Asia-Pasifik," kata PACAF dalam sebuah pernyataan.

"Penyebaran ini menunjukkan komitmen AS yang terus berlanjut untuk memenuhi tanggung jawab keamanan di seluruh Pasifik Barat, dan untuk menjaga perdamaian di wilayah ini," sambungnya, seperti dilansir Russia Today.

Pengumuman tersebut datang beberapa hari setelah kedua negara melakukan latihan bersama dengan Jepang, yang melibatkan sepasang pembom Lancer B-1B supersonik di atas Korsel. Misi tersebut dimaksudkan sebagai demonstrasi kekuatan dalam menanggapi uji coba rudal balistik Korut akhir pekan lalu.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...