Arif Fadillah Dukung Program Gampong KB

FOTO | AK JailaniBaliho tumbang
A A A

BANDA ACEH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh Arif Fadillah SIKom MM, menghadiri launching gampong KB Sejahtera di Gampong Mulia Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh, Selasa (03/10).

Program gampong KB yang sedang gencar-gencarnya di launching oleh pemerintah melalui BKKBN tetap menyesuaikan dengan budaya lokal daerah setempat, sehingga kriteria gampong KB disetiap daerah berbeda-beda sesuai dengan potensi di daerah setempat.

Faridah menyebutkan, pembentukan gampong KB di Banda Aceh berbeda kriterianya dengan di daerah lain. Karena menurutnya, kriteria pemilihan gampong KB adalah daerah yang kumuh dan banyak keluarga miskin. Namun karena Banda Aceh sudah lebih maju dari daerah lain di Aceh, maka kriterianya yang ditetapkan juga berbeda.

“Jadi tidak harus sama antara Banda Aceh dengan daerah lain di Jawa. Seperti Banda Aceh ini, kita bisa melakukannya melalui sektor pariwisata, jadi gampong KB ini harus punya nilai pariwisatanya,”ujarnya.

Menurut Faridah, program gampong KB merupakan upaya pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Faridah mengakui program gampong KB tersebut akan dievaluasi secara berkala oleh pemerintah.

“Jadi KB sekarang bukan hanya kontrasepsi, berbeda program KB dahulu dengan sekarang. Jadi sekarang bagaimana kita ingin meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Media Yulizar menyebutkan, gampong KB akan dibentuk disembilan kecamatan di kota Banda Aceh dalam bulan Oktober 2017 ini.

 

“Dengan demikian, diakhir Oktober nanti aka nada 10 gampong KB di Banda Aceh setelah sebelumnya juga sudah diresmikan gampong KB di Gampong Deah Raya, yang merupakan gampong KB pertama di Aceh,”ujarnya.

Sementara itu walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan pentingnya program KB saat ini dikarenakan masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh. Belum lag persoalan kesejahtraan masyarakat yang masih mengkhawatirkan.

Namun demikian terkait dengan pencanangan kampong KB Sejahtera di gampong Mulia kecamatan Kuta Alam Banda Aceh itu, Aminullah berharap agar setelah dilakukan lauching dilanjutkan dnegan pembinaan-pembinaan, khususnya pembinaan terahdap usaha kecil dan UMKM masyarakat setempat.

“Kita berharap jangan hanya sebatas seremonial seperti ini saja, tapi keluarga ini harus dibina secara berkelanjutan. Misalnya ada yang punya usaha kerajinan rumah tangga, harus kita bantu modalnya agar lebih berkembang. Jadi Saya minta kepada BKKBN agar juga membantu modal untuk mereka agar mereka sejahtera sesuai dengan visi misi kita, Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat,” ujar Walikota.

Fotografer:AK Jailani
Kode:47
Sumber:antero
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...