Apakah Ibu Hamil Benar-Benar Mengidam?

FOTO | MomjunctionIlustrasi
A A A

MENGIDAM selama kehamilan adalah hal yang lumrah terjadi. Tapi ada pula yang mengatakan bila hal itu sebenarnya hanyalah mitos belaka. Lantas benarkah demikian?

Menurut Jennifer McGurk, ahli gizi terdaftar dan spesialis gangguan makan, saat hamil ibu memiliki tubuh yang berbeda dari kehidupan normal. Kehamilan akan memengaruhi setiap sistem di tubuh. Mulai dari pencernaan, hormon, otot-otot, hingga jaringan adiposa. Tentu saja perempuan akan memiliki keinginan yang berbeda dan makan dengan cara berbeda ketika hamil.

"Seringkali orang memiliki respons emosional terhadap kondisi itu karena tidak terbiasa merasakan semua keinginan yang berbeda-beda ini. Terkadang ibu hamil mengidam makanan karena telah membatasinya," ungkap Jennifer seperti yang dikutip Okezone dari Health, Selasa (16/10/2018).

Terkadang makanan yang diidamkan sebenarnya tidak begitu diinginkan. Ketika mendapatkan makanan tersebut, ada rasa puas dalam diri ibu hamil. Padahal belum tentu makanan ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Beberapa ahli gizi mengatakan ibu harus menahan keinginan mengidam. Namun menurut Jennifer, setiap orang memiliki susunan genetik yang unik dan berbeda, sehingga tidak ada salahnya untuk menuruti keinginan tersebut. Sebab bisa jadi ada ibu yang terus mual dan muntah di awal kehamilannya tapi ketika memakan makanan ngidamnya tidak masalah.

"Trimester pertama biasanya mengalami begitu banyak ketidaknyamanan. Sangat penting bagi ibu hamil untuk tetap mendapatkan makanan pada saat itu. Selama trimester pertama, rekomendasi nutrisi sedikit di luar batas tergantung pada kondisi ibu hamil dan cara mereka memenuhi nutrisi," jelas Jennifer.

Begitu memasuki trimester kedua, menurut Jennifer, pola makan harus sedikit diubah. Mungkin saja ibu hamil masih merasa mengidamkan makanan tertentu, tapi harus dilihat kembali kandungan gizi dari makanan itu. Terlebih pada saat itu biasanya ibu hamil kondisinya mulai membaik.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...