Marcella Zalianty

Angkat Figur Laksamana Malahayati dalam Sebuah Komik

FOTO | ISTIMEWAMarcella Zalianty
A A A

Mengangkat figur Keumalahyati atau Malahayati dalam dialektika masa kini, menurut saya, adalah tugas sejarah. Kita tidak bisa membiarkan keagungan dimasa silam kemudian karam dalam gelombang ketidakpedulian kita. Kita tidak boleh membiarkan sejarah besar yang telah digoreskan terhapus hanya karena kita enggan untuk menengok kebelakang,

Marcella Zalianty Artis

JAKARTA - Tak mau meletakkan sejarah hanya sebagai cerita masa lalu, artis cantik Marcella Zalianty menggagas sebuah komik yang memperkenalkan pahlawan nasional bangsa Indonesia. Dia adalah Laksamana Keumalahayati, sosok pejuang dari tanah rencong, Aceh, yang dipilih dalam ceritanya.

Marcella menilai, sosok Keumalahayati atau yang juga biasa disebut Malahayati dalam sebuah cerita komik sangat penting dilakukan dan menjadi kewajiban segenap anak bangsa. Pemeran terbaik wanita dalam film Brownies itu juga mengungkapkan sebagai generasi muda sudah sepantasnya untuk peduli kepada sejarah bukan malah melupakan itu.

"Mengangkat figur Keumalahyati atau Malahayati dalam dialektika masa kini, menurut saya, adalah tugas sejarah. Kita tidak bisa membiarkan keagungan dimasa silam kemudian karam dalam gelombang ketidakpedulian kita. Kita tidak boleh membiarkan sejarah besar yang telah digoreskan terhapus hanya karena kita enggan untuk menengok kebelakang," tulis Marcella dalam sebuah @laksamana_keumalahayati, Selasa, (22/5/2018).

Laksamana Keumalahayati


Istri dari Ananda Mikola itu juga mengungkapkan, bahwa Malahayati merupakan sosok yang menjadikan agama sebagai landasan untuk mebela bangsa Indonesia. Menjadikan agama sebagai pertahanan untuk melindungi bangsa dari setiap ancaman.

"Malahayati adalah sosok yang menjadikan agama sebagai modal kuat untuk mencintai tanah air. Menjadikan kepercayaan kepada yang kuasa sebagai modal utama untuk membentengi bangsanya dari segala ancaman. Agama justru memperkuat cinta pada tanah air bukan justru menghancurkannya," tutur Marcella.

Tak hanya komik rencananya Marcella juga akan membuat film tentang pahlawan dari Aceh itu. Diketahui bahwa pembuatan komik dari Laksamana Keumalahayati sendiri ditulis oleh Edna Caroline Pattisina, pemenang KASAU Awards 2017 bidang jurnalistik.

Illuasrasi gambar, digarap oleh Ardian Syaf yang pernah menggarap komik superheroes legendaris dunia seperti Batman, Superman, Green Lantern hingga X-Men terbitan Marvels dan DC Comics bersama Aris Naka Abee. Sebagai informasi, untuk komik Laksamana Keumalahayati sudah mulai bisa didapatkan di toko buku.

Sedangkan untuk penggarapan film dari Laksamana Keumalahayati masih dalam proses development bersama sutradara handal Eros Djarot dan penulis skenario tenar yakni Rayya Makarim dan Es Ito.

Malahayati adalah sosok yang menjadikan agama sebagai modal kuat untuk mencintai tanah air. Menjadikan kepercayaan kepada yang kuasa sebagai modal utama untuk membentengi bangsanya dari segala ancaman. Agama justru memperkuat cinta pada tanah air bukan justru menghancurkannya,
Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Infotainment

Komentar

Loading...