Inilah,

Angka Fantastis Yang Diterima Taylor Swift dari Spotify

FOTO | ISTIMEWATaylor Swift
A A A

LOS ANGELES - Mungkin, penyanyi Taylor Swift akan menyesali tindakannya pernah mencekal Spotify setelah melihat dana fantastis yang digelontorkan layanan musik streaming itu ke rekeningnya. Pasalnya, Swift menghasilkan sekitar $550,000 atau sekitar Rp7,31 miliar hanya dalam satu minggu setelah bergabung kembali dengan Spotify. Menurut Billboard, angka itu didapatkannya dari royalti publishing dan pendapatan streaming.

Akhir tahun 2014, Swift menarik semua karyanya dari Spotify karena tidak menyukai model bisnis ‘freemium’ yang diterapkan layanan streaming yang berbasis di Swedia itu. Spotify ditudingnya merugikan musisi karena hanya dibanderol $0,0012 per lagu. Model bisnis itu disebut Swift sebagai ‘tindakan meremehkan produk seni’.

Spotify kemudian berusaha ‘membujuk’ Swift untuk kembali bergabung dengan mengatakan bahwa seniman memiliki hak mutlak untuk dibayar atas pekerjaan mereka. Dalam keterangannya kala itu, Spotify menegaskan, mereka memberikan 70 persen dari pendapatannya kepada label musik. Permasalahannya kemudian, apakah label memberikan uang itu kepada artisnya?

Setelah tiga tahun vakum dari layanan streaming, pada 9 Juni 2017, Swift mendadak kembali ke Spotify, Pandora, Tidal, dan Amazon. Manajemen sang artis berkilah, hal itu dilakukan Swift untuk merayakan penjualan album “1989” yang lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia. Album itu juga sukses menghasilkan pengumuman sertifikasi 100 juta lagu dari RIAA.

Sayang, sebagian pihak menilai, tindakan itu dilakukan Swift hanya untuk menjegal langkah seterunya, Katy Perry. Pasalnya, di hari yang sama, Perry juga merilis album barunya, bertajuk “Witness”.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Selebritis

Komentar

Loading...