Anggota Komisi II DPR Aceh Sulaiman SE mengaku terkejut setelah mendengar kabar bahwa Provinsi Aceh harus impor garam dari Thailand. Bahkan komoditas tersebut termasuk dalam komoditas impor terbesar ke Provinsi ujung barat Indonesia. Dimana berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Provinsi Aceh pada Mei 2020 sebesar US$ 245 ribu.

Anak-anak Diberi Pemahaman Menabung Sejak Dini

FOTO | ISTIMEWAUniversitas Bina Sarana Informatika melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat melaksanakan sosialisasi pentingnya menabung sejak dini pada anak usia Sekolah Dasar di Meunasah Sagoe Desa Beungga Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Sabtu (10/8).
A A A

PIDIE-  Universitas Bina Sarana Informatika melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat melaksanakan sosialisasi pentingnya menabung sejak dini pada anak usia Sekolah Dasar di Meunasah Sagoe Desa Beungga Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Sabtu (10/8). Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00 wib yang dihadiri oleh 20 orang peserta.

Setelah pembukaan acara, acara inti dimulai dengan pengisian materi pertama mengenai pemberian motivasi kepada anak-anak usia sekolah dasar mengenai pentinganya menabung sejak dini oleh Sarlina Sari, SE, MS Ak selaku Ketua Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat.

Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan pendampingan pada anak-anak untuk bermain game tentang menabung yaitu game monopoli oleh seluruh anggota Pengabdian Masyarakat.

“Saat anak-anak memainkan monopoli, mereka akan bersaing dengan lawan-lawan mainnya untuk dapat menguasai (memonopoli) keseluruhan permainan. Dengan inten bermain monopoli, anak-anak akan secara tidak langsung dapat mempelajari prinsip dasar keuangan seperti melakukan pembelian, penyewaan dan pertukaran properti lewat Monopoli,” jelas Sarlina Sari.

Dalam menjalankan permainan ini, kata Sari, anak-anak akan merasa bermain secara nyata karena dalam permainan ini pemainnya akan memiliki uang monopoli yang dapat digunakan dalam permainan. Game Monopoli ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya menabung sejak dini dan dapat memicu semangat anak-anak untuk menabung.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai pentingnya menabung sejak dini.

“Durasi sesi diskusi dilaksanakan selama 30 menit,” katanya.

Seluruh peserta PPM menyambut baik acara pelatihan ini sehingga berkeinginan agar kegiatan pelatihan ini tetap berlanjut di masa yang akan datang. Peserta pelatihan juga menilai bahwa pelatihan ini penting dan sangat diperlukan bagi anak-anak usia sekolah dasar.

Sumber:RILIS
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...