Serang Korea Utara,

Amerika Serikat Bakal Beri Tahu Korea Selatan

FOTO | ISTIMEWAMiliter AS dan Korsel lakukan latihan militer bersama.
A A A
Kedua belah pihak menegaskan kembali janji mereka untuk secara dekat dan transparan bekerja sama mengenai langkah-langkah yang harus diambil di setiap tahap untuk membantu memastikan keselamatan dan keamanan Korsel, AS dan rakyat mereka,

SEOUL - Washington dan Seoul telah sepakat untuk saling menginformasikan satu sama lain sebelum mengambil langkah apapun terkait Korea Utara (Korut). Hal ini menunjukkan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan menyerang Korut sebelum menginformasikan perintah militer tersebut kepada Korea Selatan (Korsel).

Demikian pernyataan pemerintah Korsel setelah kepala Kantor Keamanan Nasional Presiden, Chung Eui-yong, berbicara dengan rekannya dari AS H.R. McMaster di telepon selama 40 menit.

"Chung dan McMaster membahas kondisi keamanan saat ini seputar Semenanjung Korea yang disebabkan oleh provokasi Korut dan ketegangan yang meningkat, dan cara untuk menghadapi ancaman tersebut," kata juru bicara istana kepresidenan Seoul disitir dari Asian Correspondent, Jumat (11/8/2017).

"Kedua belah pihak menegaskan kembali janji mereka untuk secara dekat dan transparan bekerja sama mengenai langkah-langkah yang harus diambil di setiap tahap untuk membantu memastikan keselamatan dan keamanan Korsel, AS dan rakyat mereka," sambung pernyataan itu.

Sebelumnya, Militer Korsel mengatakan siap bertindak menghadapi provokasi Korea Utara Korut. Hal itu merujuk pada pernyataan Korut baru-baru ini mengenai serangan terhadap wilayah Amerika Serikat (AS) di Guam. Korsel memandang ancaman tersebut sebagai tantangan terhadap Seoul dan aliansi AS-Korsel.

Korut mengancam akan menyerang Guam sebagai reaksi atas pernyataan Presiden AS Donald Trump. Trump menyatakan bahwa rezim komunis Pyongyang akan menghadapi "api dan kemarahan" jika mengancam AS.

Terbaru, Pyongyang mengatakan bahwa pernyataan Trump tersebut adalah sebuah omong kosong dan mengumbar rencana serangan terhadap Guam secara detail. Korut akan meluncurkan 4 rudal jarak menengah Hwasong-12 ke wilayah Guam pada pertengahan Agustus nanti.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Internasional

Komentar

Loading...