Anggota Komisi II DPR Aceh Sulaiman SE mengaku terkejut setelah mendengar kabar bahwa Provinsi Aceh harus impor garam dari Thailand. Bahkan komoditas tersebut termasuk dalam komoditas impor terbesar ke Provinsi ujung barat Indonesia. Dimana berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Provinsi Aceh pada Mei 2020 sebesar US$ 245 ribu.

Lomba Makan Kerupuk 17-an

Amankah Bagi Ibu Hamil?

FOTO | DETIK.COMPerayaan HUT kemerdekaan RI selalu dimeriahkan lomba makan kerupuk
A A A

JAKARTA - Hari Kemerdekaan RI biasanya dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan yang seru, khas, dan unik. Makan kerupuk misalnya, merupakan salah satu perlombaan yang paling sering diadakan saat perayaan 17 Agustus.

Dalam perlombaan makan kerupuk, biasanya peserta harus berlomba untuk menghabiskan kerupuk yang digantung menggunakan tali dengan tangan diikat. Siapa yang paling cepat menghabiskan, dialah pemenangnya. Ngomong-ngomong soal kerupuk, ternyata kerupuk tidak bagus, loh jika dikonsumsi terlalu banyak oleh ibu hamil.

Ahli kandungan, dr Ni Komang Yeni Dhana Sari, SpOG dari Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah mengatakan bahwa kerupuk mengandung karbohidrat. Sedangkan, karbohidrat sendiri mengandung banyak gula.

"Banyak makan kerupuk itu sama saja kayak kita makan nasi," kata dr Yeni.

Selain mengandung banyak gula, rasa gurih dan asin pada kerupuk memiliki kandungan natrium yang tinggi. Tubuh memang membutuhkan natrium tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, ibu hamil bisa semakin bengkak.

"Kalau bengkak ini kan bisa memunculkan hipertensi (tekanan darah tinggi), preeklampsia, dan lain-lain pada ibu hamil," pungkasnya.

Sumber:Detik.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...