Sekda Pemkab Aceh Utara

Alokasi Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah 2017

FOTO | ISTIMEWALogo Pemkab Aceh Utara
A A A

LHOKSEUMAWE – Alokasi belanja perjalanan dinas luar daerah yang ditempatkan di Sekretariat Daerah (Setda) Aceh Utara dalam APBK 2017 senilai Rp2,1 miliar.

Data itu diperoleh portalsatu.com dari buku draf II Rancangan APBK (RAPBK) Aceh Utara 2017 yang telah disetujui/disahkan melalui rapat paripurna DPRK, 27 Januari 2017, sore. Sebelum rasionalisasi, belanja perjalanan dinas luar daerah di bawah Setda Aceh Utara dalam buku draf I RAPBK mencapai Rp3 miliar lebih.

Belanja penyediaan makanan dan minuman tamu di bawah Setda Aceh Utara Rp1 miliar lebih (sebelum rasionalisasi Rp1,2 miliar lebih), belanja rekening listrik di lingkungan Setda, pendopo, rumah jabatan dan aula serbaguna Lhoksukon 12 bulan x Rp123.975.000 = Rp1,48 miliar lebih, dan belanja rekening telpon keperluan Setda, KDH dan WKDH Rp288 juta (hasil rasionalisasi).

Masih di bawah Setda Aceh Utara, pendukung kegiatan kepala daerah Rp1,7 miliar (sebelum rasionalisasi Rp1,8 miliar), dan penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional mencapai Rp3 miliar lebih (hasil rasionalisasi).

“Ada pengurangan belanja rata-rata sekitar 30 persen, baik di Sekretariat Daerah maupun di Sekretariat DPRK setelah dilakukan rasionalisasi RAPBK,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Utara Muhammad Nasir usai DPRK mengesahkan APBK 2017.

Sementara itu, berdasarkan data dalam Qanun Aceh Utara Nomor 10 tahun 2015 tentang APBK 2016, pendukung kegiatan kepala daerah juga Rp1,7 miliar lebih, penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional Rp3 miliar lebih, penyediaan makanan dan minuman Rp1,3 miliar lebih, dan rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah (belanja perjalanan dinas luar daerah) Rp2,6 miliar lebih.

Mengacu pada data itu tidak tampak efisiensi secara signifikan terhadap belanja tahun 2017 di bawah Setda Aceh Utara meski telah dilakukan rasionalisasi.

Sumber: mediaaceh.co
Rubrik: Aceh

Komentar

Loading...