Aktivitas Sekolah di Aceh Barat Mulai Aktif

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

ACEH BARAT - Aktivitas proses belajar mengajar semua sekolah di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh kembali aktif setelah sebelumnya terhenti karena dilanda banjir luapan sungai akibat tingginya intensitas curah hujan mengguyur daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Aceh Barat Zulkarnaini, di Meulaboh, Selasa, mengatakan, orang tua murid, guru dibantu oleh unsur Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) bergotong royong melakukan pembersihan sekolah.

"Alhamdulillah, berkat bantuan orang tua murid, guru, ditambah lagi bantuan BPBD bergotong royong bersama-sama. Hari ini semua sekolah dilanda banjir sudah bersih dan sudah dapat melanjutkan aktivitas PBM," katanya.

Banjir mengepung 11 Kecamatan Kabupaten Aceh Barat dalam sepekan terakhir selain menyebabkan warga mengungsi karena rumah terendam, puluhan sekolah dilaporkan ikut terhenti aktivitas karena rendaman air banjir hingga ketinggian 50-170 centimeter.

Kata Zulkarnaini, terjangan air banjir memasuki ruangan belajar sekolah pada banjir susulan yang terjadi pada Minggu, (8/1) pagi, namun saat itu semua guru sekolah kawasan rawan bencana sudah lebih siap siaga menyelamatkan mobiler sekolah.

Sehingga pada bencana alam banjir awal 2017 ini sebutnya, tidak ada peralatan elektronik dan buku-buku perpusatakaan sekolah yang rusak, banjir hanya merendam mobiler seperti meja dan kursi dalam ruangan kelas.

"Genangan air banjir masuk ke ruang belajar pada banjir kedua (susulan), ketika banjir pertama Kamis (5/1) belum masuk ke ruang kelas, saat itu kita intruksikan terus sekolah untuk bersiap-siap karena ada kemungkinan potensi banjir lebih meluas," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, belum ada angka pasti jumlah sekolah yang terdampak banjir, termasuk pendataan terhadap semua fasilitas, namun secara masing-masing sekolah menyampaikan laporan secara langsung kepada dinas.

Kata dia, lebih dari 20 sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat melaporkan kepada pihaknya terganggu proses belajar mengajar karena banjir hingg Senin, (9/1), namun sudah dibersihkan semua sehingga aktivitas sekolah sudah kembali normal.

Walaupun ada diantara beberapa sekolah hingga Selasa (10/1) pagi masih melakukan pembersihan debu dalam ruangan kelas dari sisa-sisa lumpur yang sudah mengering setelah dibersihkan secara bersama-sama.

"Hari ini juga kita ada kegiatan penyaluran buku-buku belajar untuk sekolah Aceh Barat, kami terus mengupayakan agar mutu, kualitas pendidikan Aceh Barat dapat terus meningkat," katanya menambahkan.

Sumber: ANTARA
Rubrik: Aceh

Komentar

Loading...