Tidak Hanya Melepas Dahaga,

Air Kelapa Punya Manfaat Melimpah untuk Kesehatan

FOTO | ISTIMEWAAir Kelapa Muda
A A A

CUACA panas dengan teriknya sinar matahari, membuat rasa haus tidak tertahankan dan tenggorokan kering. Jika tidak diatasi, Anda bisa mengalami dehidrasi hingga tubuh lemas. Tenang, minum segelas air kelapa murni tanpa gula bisa menjadi solusinya.

Selain melepas dahaga, minuman berkalori rendah ini dikemas dengan manfaat kesehatan melimpah. Air kelapa dilengkapi dengan antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C, dan beberapa mineral lainnya, seperti besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng.

Mikronutrien dalam air kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa juga mengandung hormon tanaman disebut sitokinin yang kaya anti-penuaan, anti-trombotik dan anti-kanker.

Berikut manfaat minum air kelapa setiap hari bagi kesehatan Anda yang dilansir dari laman Boldsky, Rabu (2/8/2017):

Menghilangkan Dahaga
Air kelapa dianggap paling baik dalam urusan mengalahkan rasa haus. Hal ini karena air kelapa mengandung komposis elektrolit yang bisa merehidrasi tubuh, sehingga membantu dalam kasus dehidrasi dan kehilangan cairan akibat diare, muntah dan keringat berlebih.

Menurunkan tekanan darah Air kelapa mengandung vitamin C, potassium dan magnesium yang membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium membantu menyeimbangkan efek negatif natrium dan menurunkan kadar tekanan darah.

Tonik Jantung
Air kelapa mengandung lemak dan bebas kolesterol, serta menunjukkan efek perlindungan kardio. Hal ini membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat, serta meningkatkan lipoprotein densitas tinggi, sehingga mengurangi risiko jantung.

Meredakan Mual Hangover
Alkohol membuat tubuh Anda dehidrasi berat, sehingga menyebabkan hangover di pagi hari. Di sisi lain, air kelapa mengisi kembali elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi, sehingga hangover perlahan pergi.

Menurunkan Berat Badan
Air kelapa sangat ideal untuk menurunkan berat badan, karena mengandung rendah kalori dan mudah dicerna. Minuman ini mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan berat badan.

Mengobati Sakit Kepala
Sebagian besar sakit kepala, bahkan migrain sebenarnya dipicu oleh dehidrasi. Air kelapa akan sangat membantu dalam memasok elektrolit ke tubuh dan meningkatkan hidrasi. Karena kaya magnesium, air kelapa membantu menyingkirkan sakit kepala.

Mengatasi Sakit Perut
Sakit perut terjadi akibat gangguan pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya alasan. Minum air kelapa membantu mengurangi rasa sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Kembalikan Energi Setelah Olahraga
Air kelapa mengandung sejumlah mineral dan komposisinya sedemikian rupa, sehingga mudah diserap tubuh. Karena itu, minum air kelapa setelah olahraga membantu mengisi kembali elektrolit tubuh, energi dan mencegah kerusakan otot.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...