Masuk Putaran Kedua,

Ahok Harus Cuti Agar Pertarungan Pilkada Fair Play

FOTO | ANTARAGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kedua kiri) berbincang dengan kuasa hukumnya saat sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta.
A A A

JAKARTA - Pengamat politik Voxpol, Pangi Chaniago menilai pemberlakuan cuti kampanye putaran kedua yang diberlakukan untuk pasangan calon petahana sangat perlu dilakukan. Hal ini untuk meredam stigma perlakuan khusus atau istimewa kepada petahana di Pilgub DKI 2017.

"Sangat perlu itu cuti kalau ada kampanye putaran kedua, harus cuti incumbent. Jangan sampai diskriminasi dan ada perlakuan khusus atau istimewa terhadap Ahok," kata dia, Jumat (3/3/2017).

Selain itu, cuti petahana dalam masa kampanye Pilgub DKI harus dilakukan untuk menghindari adanya dugaan dan prasangkan penyalahgunaan fasilitas negara.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari pihak penyelenggara yakni KPU DKI terkait regulasi putaran kedua Pilgub DKI.

Sehingga beberapa kali tim sukses Ahok-Djarot dan Anies-Sandi terlibat saling lapor ke aparat berwenang karena menemukan pelanggaran-pelanggaran pemilu akibat belum jelasnya regulasi di putaran kedua.

Lebih lanjut, Pangi mengimbau agar pihak KPU DKI harus segera memutuskan regulasi di putaran kedua Pilgub DKI agar kedua pasangan yang akan bertarung di putaran kedua mendapatkan keadilan dan kesempatan yang seimbang.

"Pertarungan elektoral harus fair play. Harus adil dan sama rata memperlakukan semua kontestan. Jangan ada diskriminasi atau membedakannya," cetusnya.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...