Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman meresmikan News Room acehimage.com, Rabu (8/7/2020). Penandatangan prasasti tersebut berlangsung di Pendopo Wali Kota yang disaksikan oleh CEO acehimage.com AK Jailani, Pemred acehimage.com HT Anwar Ibrahim, Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman serta sejumlah pimpinan media lainnya.

Kemampuan Komunikasi Teruji

Agus Adrianto Dinilai Tepat Jadi Kapolri

ISTIMEWAWakil Ketua Umum Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI), Prasetiyo S.I.Kom., M.I.Kom
A A A

ACEH - Munculnya nama Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH diantara delapan deretan nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), dapat menjadi babak baru institusi kepolisian dalam menjalankan tugas profesi mereka.

Kemampuan komunikasi yang baik Agus Andrianto, diyakini oleh Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI), Prasetiyo, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya, Agus akan membawa lembaga Polri lebih dekat dengan masyarakat Indonesia.

Kemampuan komunikasi tersebut telah teruji, salah satunya saat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Selain murah senyum, Agus Andrianto mengadakan pertemuan tatap muka dengan ribuan masyarakat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat di markasnya, secara bergilir dan terjadwal.

Selain untuk mengenal, pendekatan yang dilakukan oleh jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 tersebut menjadi langkah preventif dalam mengurangi resiko konflik yang bisa saja muncul di Sumatera Utara dengan komposisi penduduk beragam etnis dan agama.

"Saya menilai Pak Agus Andrianto ini memiliki kemampuan komunikasi yang sudah teruji. Dia pandai membuat pendekatan dengan masyarakat dan tokoh. Dia ajak mereka berdialog dan diskusi, sehingga pak Agus dengan masyarakat dan tokoh saling mengenal. Mulailah terbangun hubungan baik. Tidak semua orang mampu melakukan ini," ujar Prasetiyo melalui keterangan tertulis yang diterima acehimage.com.

Selain itu, hingga menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Agus Andrianto tidak pernah mengabaikan pesan pribadi yang dikirim untuknya baik terkait konfirmasi maupun sekadar tegur sapa.

"Ini juga syarat penting bagi Kapolri dan semua pejabat, yaitu tidak menutup diri dari rekan-rekan jurnalis. Beri informasi, tidak sulit untuk dijumpai. Jadi, ketika ada sebuah insiden, jurnalis bisa menyebarkan informasi akurat dan tidak setengah-setengah. Bukan pura-pura sibuk atau pura-pura tidak kenal lagi. Nah, Pak Agus sudah punya keterbukaan diri ini," tegas Prasetiyo.

Dengan kemampuan komunikasi terbaiknya tersebut, Prasetiyo yakin bahwa Agus Andrianto akan menularkan hal yang sama kepada seluruh anggota kepolisian di tanah air, untuk menjadi sosok polisi yang menyenangkan, nyaman, empati dan memiliki kesan positif bagi seluruh masyarakat.

Diketahui Indonesia Police Watch (IPW) mengeluarkan delapan calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Aziz. Selain Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, tujuh nama lainnya adalah Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Selain itu nama lainnya adalah Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Irjen Pol Nana Sudjana, Irjen Pol Ahmad Lutfhi dan Irjen Pol M Fadil Imran.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...