Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

80 Persen Masyarakat Blang Benara Petani Tebu

SAMSUDDINReje Kampung Blang Benara Surianto
A A A

BENER MERIAH – Masyarakat Kampung Blang Benara Kecamatan Wih Pesam , Kabupaten Bener Meriah hampir 80 persen merupakan petani Tebu. Hal itu disampaikan Reje Kampung Blang Benara Surianto saat ditemui wartawan di Kampungnya, Jumat (9/9/2020).

Menurut Surianto, kurang lebih 10 tahun ia telah mengeluti profesi sebagai toke (pengepul) Tebu diwilayah tersebut. “Selama ini saya membeli tebu masyarakat disini dan saya jual ada yang ke Banda Aceh ada juga ke Medan Sumatra Utara,"ujarnya.

Reje Kampung Blang Benara mengaku, dari masyarakat ia membeli harga tebu per batang Rp1500 dan dijual Rp1800 perbatang.

Dikatanya, dalam sebulan sebanyak 15 truck bahkan lebih yang di jual ke Banda Aceh tergantung kondisi cuaca. “Kalau cuaca hujan mungkin hanya 2-4 truck perminggu yang kita jual namun kalau cuaca panas lebih"ungkap Surianto,

Lebih lanjut Surianto menerangkan, dalam satu truck muatannya mencapai 3800-4000 batang dan uangnya mencapai Rp7,5 sampai Rp8 juta per truck. “Jadi dalam per hektar dalam setahun menghasilkan sebanyak Rp60 juta,"paparnya.

Masa panen sendiri, sambungnya, untuk lahan baru (lahan yang pertama ditanam) sudah berusia setahun baru bisa dipanen agar hasilnya maksimal. Selanjutnya ketika tunasnya nanti sudah besar lagi dan berkembang maka untuk tebu peras itu hampir setiap minggu bisa di panen dan di daerah ini petani mayoritasnya menanam tebu peras.

“Kalau tebu untuk gula itu rata-rata sisanya atau istilahnya peselnya yang dijadikan gula,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Surianto juga memaparkan, perinsipnya tanaman tebu itu 4-5 tahun harus diremajakan lagi, biasanya, pemilik lahan menyelingi dengan menanam tanaman muda seperi cabe dan sejenisnya setelah tanaman muda itu habis dipanen baru di tanam lagi tebu bibit baru.

"Kalau untuk bulan puasa permintaanya tebu perah itu bisa mencapai 5 truck perhari,"katanya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...