Mantan Anggota Parlemen RI Ghazali Abbas Adan menyebutkan Wali Nanggroe Memang bukan maqam (neuduek)-nya Malik Mahmud Al Haytar. Dimana seharusnya sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh. Ini disampaikan Ghazali setelah Aktivis Kebudayaan sekaligus Pendiri Institut Peradaban Aceh, Haekal Afifa meminta Wali Nanggroe Aceh menegur dan memperingatkan DPRA terkait polemik yang terjadi dengan Pemerintah Aceh saat ini.

77 Napi Lapas IIB Tapaktuan Terima Remisi

MUHAMMAD ILHAM Pemberian remisi di Lapas Kelas IIB Tapaktuan
A A A

ACEH SELATAN - Sebanyak 77 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas IIB Tapaktuan mendapatkan remisi pada hari kemerdekaan HUT Republik Indonesia (RI) Ke-75, yang dilaksanakan secara Virtual, Senin (17/8/2020) pukul 13.30 Wib.

Adapun pengurangan masa tahanan tersebut bervariasi dari satu hingga enam bulan diumumkan langsung melalui pembacaan remisi 17 Agustus 2020 secara virtual di Lapas II B Tapaktuan.

Hal ini sesuai denagn keputusan Mentri Hukum dan Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor PAS - 926, PK. 01. 01. 02 Tahun 2020 tentang pemberian Remisi Umum (RU) 17 Agustus 2020 kepada narapidana terkait dengan pasal 34 peraturan pemerintah Nomor 99 Tahun 2012.

Menteri hukum dan HAM RI Prof Yasona H Laoly dalam sambutannya menyampaikan Agar WBP seluruh lapas dan rutan di Indonesia berpacu dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan kreatif.

"Contohnya di lapas Mataram mempunyai output kerajinan tangan yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk di luar lapasu,"ujarnya.

Dalam kesempakatan itu, Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan kepada salah seorang penghuni lapas II B Tapaktuan yang mendapatkan remisi bebas berpesan agar mensyukuri remisi yang diterimanya tersebut serta berpesan agar tidak lagi melakukan perbuatan melawan hukum hingga kembali menjadi narapidana.

“Manfaatkan remisi ini dengan sebaik-baiknya, lakukan kegiatan positif bersama masyarakat dan jauhi perbuatan melawan hukum agar tidak kembali menjadi pesakitan dan penghuni lapas,” kata Bupati Tgk Amran.

Ia melanjutkan, berpesan kepada seluruh masyarakat Aceh Selatan, agar dengan momentum hari kemerdekaan yang 75 ini agar sama-sama bangkit dan saling mendukung untuk menuju Indonesia Maju yang bermartabat.

“Mari kita hiasi kemerdekaan ini dengan mensyukuri setiap nikmat kemerdekaan ini, teruslah berbuat positif demi mencapai Indonesia Maju,” pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...