Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

5 Makanan Penangkal Bau Mulut Saat Seharian Harus Pakai Masker

Pakai masker seharian bisa memicu bau mulut
A A A

JAKARTA - Seharian pakai masker kerap memicu bau mulut tidak sedap. Karena tak percaya diri, akhirnya masker jadi sering dilepas. Wah, jadi rawan penularan COVID-19 dong!

Untuk sekadar menangkal bau mulut, kamu tidak harus melepas masker kok. Ada banyak cara lain untuk mengatasinya. Asupan tertentu bisa menetralkan bau mulut yang tak sedap ketika mulut seharian tertutup masker.

Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Jahe
Jahe mengandung senyawa yang disebut 6-gingerol. Senyawa ini dapat merangsang enzim di dalam air liur yang membantu memecah senyawa penyebab bau mulut.

2. Melon dan jeruk
Buah melon dan jeruk sangat kaya akan vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk membantu mencegah radang gusi yang menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya.

3. Buah dan sayuran mentah
Buah dan sayuran mentah memiliki tekstur yang renyah bila dikunyah. Oleh sebab itu, makanan ini sangat membantu memproduksi air liur, sehingga dapat membersihkan bakteri penghasil bau mulut. Rajinlah konsumsi apel, pir, selada, dan kemangi, sehingga dapat menetralkan bau mulut yang tak sedap.

4. Ceri
Ceri dapat menghilangkan bau metil merkaptan atau gas penyebab bau mulut yang terjadi secara alami dalam makanan. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk makan ceri usai kamu mengkonsumsi keju dan bawang yang merupakan makanan penyebab bau mulut.

5. Permen karet
Mengunyah permen karet membantu menghilangkan makanan dan sel-sel mati yang terdapat pada selipan gigi, sehingga membuat mulut menjadi bau. Namun, permen karet yang mengandung kadar gula tinggi, tentu dapat menyebabkan kerusakan gigi. Karena itu, cobalah mengunyah permen karet yang dimaniskan dengan pemanis alami, seperti Xylitol (pemanis pengganti gula).

Sumber:DETIK.COM
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...