Sembilan warga Aceh Selatan dilaporkan positif COVID-19 setelah dilakukan uji swab yang dikirim dari Balitbangkes Aceh ke Jakarta. Direktur RSDYA dr Erizaldi MKes SpOg menyampaikan sembilan warga Aceh Selatan yang positif terdiri S (46), l (45),N (46), G (12), A (35), D (25), T (42), M (5), R (24) "Swab secara mandiri yang dilakukan RSUDYA lalu simpelnya dikirim litbankes Aceh, berhubung alat itu sekali pakai sudah habis lalu dikirim ke jakarta hasilnya positif covid 19, ”kata Direktur dr Erizaldi, Minggu (9/8/2020).

Disambar Baling-baling Boat

Turis Asal Spanyol Meninggal

FOTO | MEDIAACEH.COMFrancisco Javier Garcia salah seorang turis asal Negara Spanyol meninggal dunia saat melakukan snorkeling di Pantai Wisata Iboih setelah tersambar baling-baling boat wisata, tampak korban saat diboyong ke Puskesmas Iboih sekitar pukul 20.00 WIB, Kamis (22/8)
A A A

SABANG - Akibat tersambar baling-baling boat ketika sedang snorkeling di pantai wisata Iboih seorang turis asal negara Spanyol akhirnya meninggal dunia sekitar pukul 20.00 WIB ketika menuju ke Puskesmas Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Sabang, Kamis (22/8) malam.

Turis yang meninggal tersebut bernama Francisco Javier Garcia (53) warga negara Spanyol dengan nomor paspor PAJ251843 masa berlaku paspor hingga 14 Mei 2029.

Berdasarkan data yang diperoleh mediaaceh.com kejadian tersebut berawal sekitar pukul 18.15 WIB menjelang waktu shalat magrib disaat Muchtar (39) yang ingin menjemput tamunya di penginapan Iboih Inn.

Dalam perjalanan menuju dermaga Teupin Layeu tepatnya di antara penginapan Olala dan Mr Bean, boat Muchtar tersentak seperti menabrak sesuatu benda, setelah di periksa ternyata boat Muchtar menabrak seorang bule yang sedang melakukan snorkeling di kawasan itu.

Melihat kejadian itu Muchtar mencoba menolong korban yang sudah berdarah, namun karena Muchtar sendirian dirinya tidak sanggup mengangkat korban yang sudah bersimbah darah, tidak lama kemudian tampak Rajab yang juga salah seorang pengendara boat wisata kebetulan melintas di lokasi kejadian.

Selanjutnya Muchtar dan Rajab membawa korban ke daratan Teupin Layeu untuk diberikan pertolongan pertama oleh warga dan dibantu oleh salah seorang turis asing lainnya yang kebetulan berprofesi sebagai dokter sambil menunggu datangnya ambulance untuk dibawa ke Puskesmas Iboih.

Akibat banyaknya darah yang dikeluarkan setelah tersambar baling-baling boat, nyawa Francisco Janiver Garcia warga negara Spanyol tersebut tidak dapat tertolong, korban diperkirakan meninggal dalam ambulance diperjalanan dari pantai Teupin Layeu menuju puskesmas Iboih.

Korban mengalami luka robek yang dalam di bagian lengan kiri dan badan tepatnya dibawah ketiak serta dibagian kepala yang mengakibatkan korban banyak mengeluarkan darah sehingga korban kehabisan darah.

Sementara itu Kapolres Sabang AKBP Syahrul SIK melalui Kapolsek Sukakarya Iptu Zulkifli Daod kepada mediaaceh.com membenarkan salah seorang turis asal negara Spanyol bernama Francisco Javier Garcia mengalami kecelakaan di pantai wisata Iboih saat melakukan snorkeling tersambar baling-baling boat wisata yang sedang melintas di daerah itu.

Kata dia, kejadian yang merenggut nyawa salah seorang turis mancanegara asal Spanyol itu terjadi menjelang waktu shalat magrib sekitar pukul 18.15 WIB, disaat korban sedang melakukan snorkeling seorang diri di kawasan pantai wisata Iboih.

Francisco Javier Garcia merupakan wisatawan yang sedang melakukan pelancongan ke Pulau Weh bersama istri dan dua anaknya, dan baru tiba di Sabang pada hari naas itu juga yaitu Kamis (22/8).

Sedangkan Muchtar sejak tadi malam sudah dibawa ke Mapolsek Kecamatan Sukakarya untuk diperiksa dan dimintai keterangan awal, dan saat ini Muchtar sudah kita serahkan ke Satreskrim Polres Sabang untuk dimintai keterangan lanjutan pasca meninggalnya warga negara asal Spanyol tersebut, ujar Zulkifli.

Sumber:MEDIAACEH.COM
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...