Promosikan Waduk Sermo,

450 Lampion Dinyalakan di Tengah Waduk

FOTO | ISTIMEWAWaduk Sermo
A A A
Lampion ini kami tempatkan di spot tertentu. Lampion itu menggunakan lilin yang aman, kedap, dan tidak mencemari air ketika meleleh karena langsung menjadi gas,

YOGYAKARTA – Sebanyak 450 lampion akan menerangi Waduk Sermo selama 2,5 jam pada Sabtu (13/5/2017) malam.

Atraksi lampion itu merupakan rangkaian kegiatan festival kebudayaan bertajuk Menoreh Night Festival 2017.

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi Dinas Pariwisata Kulon Progo dan Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. Tak hanya atraksi lampion mengapung, pertunjukan kesenian tradisional dan musik juga dipertontonkan selama festival berlangsung.

“Lampion yang menyala itu nanti diapungkan ke sejumlah titik di Waduk Sermo,” kata penanggung jawab Menoreh Night Festival 2017, Rachmat Bayu, ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (5/5/2017).

Rachmat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya mempromosikan Waduk Sermo kepada wisatawan, baik lokal maupun asing.

Diakuinya, jika panorama yang ditawarkan di sekitar waduk yang diresmikan 1996 itu belum banyak diketahui wisatawan. “Jadi kegiatan ini juga untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Waduk Sermo,” katanya.

Rachmat menjelaskan, 450 lampion yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran itu didatangkan dari Malang.

Dipilihnya lampion lantaran memiliki keunikan dan memberikan daya tarik tersendiri ketika mengapung di atas air.

“Lampion ini kami tempatkan di spot tertentu. Lampion itu menggunakan lilin yang aman, kedap, dan tidak mencemari air ketika meleleh karena langsung menjadi gas,” kata Rachmat.
Menurut Rachmat, Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, dan Penjabat Buati Kulon Progo, Budiantono yang membuka kegiatan tersebut.

Panitia juga mengundang sejumlah tamu undangan yang bisa membantu mempromosikan Waduk Sermo sebagai destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo.

“Target Dinas Pariwisata DIY itu menjadikan Waduk Sermo menjadi pusat destinasi wisata di Kulon Progo pada 2019,” tambah Rahmat.

Kode:47
Sumber:kompas.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...