PLN Target 100 persen

32 Gampong di Aceh Belum Berlistrik

FOTO | ISTIMEWAJaringan PLN
A A A

BANDA ACEH - PLN Wilayah Aceh menargetkan 100 persen dari 6.451 desa di Provinsi Aceh sudah berlistrik pada tahun 2019.

"Target 100 persen desa berlistrik ini merupakan program prioritas seperti yang diamanahkan Presiden," kata General Manager PLN Wilayah Aceh Jefri Rosiadi melalui Deputi Hukum dan Humas T Bahrul Halid di Banda Aceh, Selasa.

T Bahrul Halid menyebutkan ada 32 desa atau gampong di Provinsi Aceh belum dialiri listrik. Desa atau gampong belum berlistrik tersebut tersebar di beberapa kabupaten di Aceh.

Untuk tahun ini, kata dia, PLN akan melakukan program peningkatan pemerataan penyaluran listrik kepada 21 dari 32 desa yang belum berlistrik tersebut.

Menurut dia, program penyaluran listrik desa tersebut saat ini dalam proses pelelangan. Pelelangan pekerjaan ini untuk 13 desa, yakni 12 desa di Kabupaten Bener Meriah dan satu desa Kabupaten Nagan Raya.

"Sedangkan delapan desa lagi sedang tahap proses survei, di antaranya tigas desa di Kabupaten Aceh Tengah, tiga desa di Kabupaten Aceh Timur, serta di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tenggara masing-masing satu desa," kata T Bahrul Halid.

T Bahrul Halid menyebutkan anggaran program peningkatan pemerataan penyaluran listrik desa ini bersumber dari investasi PLN. Dengan adanya pembangunan kelistrikan desa, maka diharapkan partisipasi pemerintah daerah setempat mendukung pelaksanaan.

Apalagi, kata dia, program peningkatan pemerataan penyaluran listrik desa tersebut merupakan program prioritas Presiden dengan tujuan memperkuat daerah dan desa.

"Harapannya, dengan membangun kelistrikan tersebut, maka masyarakat pedesaan dapat menikmati listrik seperti masyarakat perkotaan. Dan harapannya tentu perekonomian masyarakat perdesaan dapat berkembang," kata T Bahrul Halid.

Sumber:ANTERO
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...