Kualifkasi Piala Dunia 2018

23 Tim Sudah Amankan Tempat di Piala Dunia 2018

FOTO | Evening StandardPiala Dunia 2018 Rusia
A A A

JAKARTA - Kontestan Piala Dunia 2018 kembali bertambah. Seusai menjalani pertandingan di babak kualifikasi pada Rabu (11/10/2017) dini hari WIB, akhirnya enam negara berhasil memastikan tempat di turnamen sepak bola empat tahunan tersebut.

Kali ini giliran Portugal, Prancis, Uruguay, Argentina, Kolombia dan Panama yang berhak menggelar pesta. Di zona masing-masing, mereka sukes meraih hasil positif untuk mengamankan tiket yang mengantarkan ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Di babak kualifikasi grup A zona Eropa, Prancis berhasil membungkam Belarus dengan skor 2-1. Kemenangan ini membuat Les Blues nyaman di puncak klasemen dengan perolehan 23 poin. Mereka unggul empat angka dari Swedia yang lolos ke putaran playoff.

Swedia sendiri sebenarnya cukup beruntung karena masih bisa menjaga peluang tampil di Piala Dunia. Di papan klasemen, poin mereka disamakan oleh Belanda. Bahkan Swedia menyerah 0-2 dari skuat De Oranje di laga terakhir babak kualifikasi grup A. Namun Swedia tetap berhak melanjutkan langkahnya ke fase playoff, sebab mereka tercatat unggul dalam hal produktivitas gol.

Kondisi serupa juga terlihat di papan klasemen grup B zona Eropa. Portugal dan Swiss sama-sama mengoleksi 27 poin usai mengamankan sembilan kemenangan dari 10 pertandingan. Tapi Portugal lebih berhak memuncaki klasemen dan lolos secara otomatis. Sebab mereka mampu mengoleksi 32 gol, lebih banyak dari Swiss yang cuma bisa menyarangkan 23 gol.

Jalur otomatis ke Rusia juga didapatkan Uruguay, Argentina dan Kolombia. Di babak kualifikasi zona Amerika Selatan, ketiganya sukses memposisikan diri di urutan empat besar.

Usai membungkam Bolivia 4-2, Uruguay ada di posisi dua dengan kepemilikan 31 poin. Sedangkan Argentina berhasil menang 3-1 atas Ekuador dan hasil tersebut mengangkat posisi mereka ke peringkat tiga dengan raihan 28 poin. Adapun Kolombia, hasil imbang 1-1 dengan Peru cukup menempatkan mereka di posisi empat klasemen dengan torehan 27 poin.

Di zona CONCACAF, Panama mencetak sejarah usai mengalahkan Kosta Rika 2-1. Bagi mereka, ini jadi keikutsertaan perdana di panggung sebesar Piala Dunia.

Berikut daftar 23 tim yang sudah lolos ke Piala Dunia 2018:

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...