Melalui Festival Ini,

Kenali Budaya Suku Dayak

FOTO | ANTARATarian Mahelat Lebo, Suku Dayak
A A A

Khusus untuk wisatawan nusantara kami targetkan 10 ribu wisatawan, sedangkan wisatawan asing sekitar 500 wisatawan untun acara ini,

Esthy Reko Astuti Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara

KALIMANTAN Tengah merupakan rumah bagi hutan tropis, dan juga suku Dayak yang menjadikan atraksinya sungguh menarik untuk ditelurusi.

Kekayaannya pun sudah terkenal di mata dunia. Namun, rasanya tak lengkap jika menikmati budaya, dan panorama jika tidak diseimbangi dengan festival daerah yang bisa memperkaya pengalaman wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Tengah.

Sebab itu, pemerintah provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara tahunan yang ciamik bertemakan Festival Budaya Isen Mulang 2017, yang akan dilaksanakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ada pun pelaksanannya akan menghadirkan 20 kegiatan yang mengangkat pesona Suku Dayak. "Khusus untuk wisatawan nusantara kami targetkan 10 ribu wisatawan, sedangkan wisatawan asing sekitar 500 wisatawan untun acara ini," jelas Esthy Reko Astuti Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara.

Rangkaian kegiatan ini akan mengangkat tradisi-tradisi yang masih dilakukan di Suku Dayak. Salah satunya ialah lomba perahu. Nantinya lomba perahu ini tidak seperti pada umumnya karena peserta harus mendayung ke arah berlawanan Timur, Barat, Utara, dan Selatan.

Selain itu, ada juga lomba menangkap ikan tanpa peralatan apa pun. Acara ini merupakan salah satu tradisi adat Suku Dayak, di mana mereka terkenal bisa menangkap ikan tanpa senjata, atau pun pancing. "Kami juga ingin melestarikan lingkungan hidup.

Nanti peserta akan tangkap ikan dengan tangan, dan hanya membawa rotan untuk menempatkan ikannya," jelas Guntur Talajan, Kadis Budpar Provinsi Kalteng.

Event FBIM 2017 dimeriahkan Juga dengan 20 kegiatan utama yakni; Karnaval Budaya; Putra-Putri Pariwisata; Tari Daerah; Karungut; Mangenta; Malamang; Mamasak; Mangaruhi; Balogo; Habayang; Maneweng, Manetek, Manyila Kayu; Jukung Tradisional; Besei Kambe; Jukung Hias; Manyipet; Lagu Daerah; Lawang Sakepeng; Fotografi; Sepak Sawut; dan Panginan Sukup Simpan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Traveling

Komentar

Loading...