Ternyata,

10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal!

FOTO | FitlifeIlustrasi
A A A

TANPA disadari oleh kita, sejumlah kebiasaan ternyata dapat membahayakan kesehatan ginjal. Jadi, sudah saatnya menjaga kesehatan ginjal dengan menjalankan gaya hidup sehat. Anda harus meninggalkan kebiasaan tidak sehat yang bisa merusak ginjal. Berikut 10 kebiasaan yang bisa merusak ginjal Anda seperti dilansir dari laman Boldsky:

Alkohol
Minum 3-4 gelas alkohol sehari meningkatkan kemungkinan penyakit ginjal kronis. Plus, kombinasi merokok dan alkohol meningkatkan peluang yang sama 5 kali lipat.

Konsumsi Makanan Olahan
Tinggi mineral seperti fosfor dan sodium, makanan olahan dari segala jenisnya, berbahaya bagi ginjal. Hal ini akan memengaruhi kemampuan ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Konsumsi Daging Berlebihan
Protein hewan menghasilkan asam dalam jumlah tinggi yang sangat berbahaya bagi ginjal untuk diproses. Hal ini menyebabkan kondisi yang disebut asidosis, asupan berlebihan yang dapat menyebabkan penyakit serius. Masalahnya, protein hewani harus selalu diimbangi dengan asupan sayuran hijau dan buah segar.

Konsumsi Garam Berlebihan
Garam yang penuh natrium dan asupan sodium tinggi bisa langsung menyebabkan lonjakan tekanan darah. Penyaringan darah kemudian menjadi disfungsional dan secara bertahap mengurangi kemampuan fungsi ginjal.

Konsumsi Gula Berlebihan
Kita terkadang suka menambahkan gula pada makanan yang sudah manis. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda dalam jangka panjang. Kebiasaan ini menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gula darah, yang secara langsung memengaruhi fungsi ginjal.

Merokok
Umumnya, merokok dikaitkan dengan kerusakan paru-paru atau jantung secara langsung, namun juga berdampak pada kesehatan ginjal. Hal ini karena merokok dapat menyebabkan banyak protein dalam urine, yang merupakan peringatan untuk kesehatan ginjal Anda.

Tidak Cukup Hidrasi
Asupan air telah terbukti menjadi obat mujarab untuk banyak masalah, salah satunya kesehatan ginjal. Organ ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, dengan membuang racun dan sodium yang tidak diinginkan melalui asupan air. Hal ini membantu mengurangi risiko batu ginjal dan gagal ginjal di kemudian hari.
Kurang tidur
Seseorang harus tidur 6-8 jam agar tubuh lebih segar di esok hari. Selama tidur, tubuh melakukan banyak pekerjaan, yang terpenting adalah pembaharuan jaringan organ. Mengabaikan aktivitas penting ini akan menyebabkan degenerasi ginjal, peningkatan tekanan darah dan penurunan kesehatan secara umum.

Menahan Buang Air Kecil
Seringkali kita kebelet buang air kecil, tapi sedang sibuk mengerjakan pekerjaan atau tugas, sehingga tanpa sadar menahannya. Tapi, kebiasaan ini bisa membahayakan bagi ginjal Anda. Karena, menahan buang air kecil meningkatkan tekanan urine di ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Kurang Olahraga
Olahraga memiliki efek positif pada tubuh manusia, termasuk bagi kesehatan ginjal. Hal ini membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan aciran di seluruh sistem dengan meningkatkan metabolisme dan kekuatan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...