Manfaat Imunisasi

Diberikan Sejak Bayi Berusia 0 Bulan

FOTO | VaccineimpactIlustarsi
A A A

IMUNISASI adalah cara paling efektif untuk melindungi anak Anda secara aktif dari penyakit yang dapat dicegah, seperti batuk rejan, tetanus dan campak. Karena itu, orangtua jangan melewatkan jadwal imunisasi karena bisa berakibat fatal.

Dilansir Immune, Senin (24/4/2017), tubuh menggunakan sel sistem kekebalan khusus dan menghasilkan molekul kecil yang disebut antibodi untuk melawan infeksi.

Namun sistem kekebalan anak-anak balita belum mampu untuk melawan virus itu. Saat terpapar kuman, respon kekebalan tubuh bisa normal untuk mencegah infeksi.

Ini terjadi saat anak mendapatkan vaksin. Imunisasi bekerja dengan cara yang sama. Alih-alih kuman berbahaya, vaksin dibuat dari komponen kuman yang tidak dapat menyebabkan penyakit atau dari versi virus yang melemah.

Melalui vaksin, sistem kekebalan dapat menangkal penyakit infeksi. Ini sangat menguntungkan si kecil, apalagi kalau diberikannya sesuai jadwal. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi antara lain campak, hepatitis B, difteri, pertusis dan tetanus, pneumonia, rabies dan lainnya.

Mulai usia nol bulan dan enam minggu, anak-anak sudah harus mendapatkan vaksin. Karena itu, sekali lagi orangtua tidak boleh melewatkan jadwal vaksin untuk anaknya. Hal ini dapat mencegah penyakit dengan cara yang tepat dan aman.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...