Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono

Beri Peringatan Keras PNS DKI yang Ikut Aksi 313

FOTO | DETIK.COMPlt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono
A A A
Demo nggak dilarang, silakan (asal) tertib, aman dan ikut jaga Jakarta tetap kondusif. Aspirasi kami hargai, tapi di sisi lain, kita juga ditugaskan untuk menjaga ketentraman dan ketertiban. Jadi saya kira saling menghargai penting,

JAKARTA - Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meminta dilaporkan bila ada oknum PNS yang ikut aksi 313. Soni mengatakan dia akan memberikan peringatan keras pada PNS yang terlibat aksi.

"Laporkan ke saya (kalau ada PNS yang ikut aksi 313)," ujar Soni di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

"Akan saya berikan peringatan keras," ujarnya mengancam.

Namun saat ditanya peringatan keras seperti apa yang akan diberikan olehnya pada PNS yang ikut aksi 313, Soni enggan memberikan penjelasan lebih lanjut. Namun dia menjamin bahwa tidak akan ada PNS yang akan ikut aksi.

"Saya jamin 100 persen tidak akan ada PNS yang terlibat (aksi 313)," ujar Soni.

"Kalau ada kirim ke saya fotonya," imbuhnya.

Soni sendiri menjelaskan bahwa PNS sedianya memang tidak diperbolehkan untuk mengikuti aksi. Walaupun tidak menggunakan atribut PNS, tetap saja hal tersebut dilarang. Alasannya, karena PNS tidak diperbolehkan dalam segala jenis politik.

"Ya nggak boleh dong (PNS ikut aksi). PNS bukan hanya pribadi, 24 jam (mereka) nggak boleh terlibat politik," tutur Soni.

Sebelumnya, Soni berharap aksi nanti akan berjalan aman, tertib dan Jakarta tetap kondusif.

"Demo nggak dilarang, silakan (asal) tertib, aman dan ikut jaga Jakarta tetap kondusif. Aspirasi kami hargai, tapi di sisi lain, kita juga ditugaskan untuk menjaga ketentraman dan ketertiban. Jadi saya kira saling menghargai penting," ujar Soni di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/3) kemarin.

Soni menyebut bahwa pihak Pemprov DKI sudah menyiapkan pengamanan untuk mengawal aksi lanjutan dari 411 dan 212 itu. Dia juga sudah melakukan koordinasi dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan untuk pengamanan. Soni mengatakan bahwa Pemprov DKI akan menurunkan Satpol PP, pemadam kebakaran dan Dishub pada aksi 313 nanti.

"Pemerintah punya SOP dan standar (pengamanan). SOP pertama ya pengamanan, antisipasi. Kita punya Undang-undang atau pasal-pasal untuk gangguan ketertiban itu namanya kita antisipasi. Antisipasi pertama ya pengamanan, kita koordinasi dengan Kapolda. Kami sudah rapat kemarin malam, kita kirim Satpol PP, kita kirim damkar. Kemudian kita kirim Dishub untuk menata lalu lintas," papar Soni.

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...