DPR akan Panggil Pansel

Sebelum Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu

FOTO | DETIK.COMGedung DPR
A A A
DPR, khususnya Komisi II, tak pernah menunda-nunda. Dari sisi isi, yang masih menjadi perbedaan di antara kami yang seolah-olah ada tuduhan karena ada keinginan DPR yang tak terakomodasi. Kami menyampaikan bantahan terhadap tuduhan dan hal lain,

JAKARTA - Komisi II DPR berencana menyelenggarakan fit and proper test untuk menyeleksi calon anggota KPU dan Bawaslu pekan depan. Sebelumnya, DPR akan lebih dulu memanggil Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota KPU-Bawaslu.

"Kita akan memanggil Pansel terlebih dahulu. Aturan hukumnya kan Pansel wajib melaporkan hasil kerjanya ke DPR, tertulis, dan biasanya diperlukan pendalaman dari yang tertulis tadi, sehingga biasanya kita panggil," kata anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan kepada wartawan, Selasa (28/3/2017).

Rapat dengan Pansel KPU-Bawaslu akan berlangsung pada 30 Maret 2017 lusa. Pendalaman dengan Pansel akan menentukan jalannya seleksi di Komisi II nantinya.

"Kita minta klarifikasi, khususnya terkait cerita-cerita miring seputar Pansel dan proses seleksi. Saya pikir pemanggilan dan klarifikasi Pansel merupakan bagian penting yang sangat menentukan apakah Komisi II akan memilih 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu atau hanya memilih satu atau beberapa anggota saja yang dirasa layak setelah fit and proper test," ungkap politikus PDIP itu.

Fraksi-fraksi di DPR sebenarnya masih berkeberatan dengan hasil kerja Pansel berupa nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu. Meski demikian, Komisi II tetap akan menjalankan fit and proper test pada 3-5 April mendatang.

Nantinya, hasil seleksi akan diumumkan pada rapat paripurna pada 6 April. Komisi II DPR juga menepis anggapan menunda seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu.

"DPR, khususnya Komisi II, tak pernah menunda-nunda. Dari sisi isi, yang masih menjadi perbedaan di antara kami yang seolah-olah ada tuduhan karena ada keinginan DPR yang tak terakomodasi. Kami menyampaikan bantahan terhadap tuduhan dan hal lain," ujar Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali seusai rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017).

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...