Terkait Pencopotan Zaini

17 Kadis Bertemu Muzakir Manaf di Jakarta

FOTO | ISTIMEWA17 pejabat eselon II yang dicopot oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah pada Jumat 9 Maret 2017 lalu, bertemu Muzakir Manaf di Jakarta.
A A A

JAKARTA - 17 pejabat eselon II yang dicopot oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah pada Jumat 9 Maret 2017 lalu, bertemu Muzakir Manaf di Jakarta.

Menurut informasi, mereka bertemu dengan Muzakir Manaf atau Mualem usai mengelar rapat dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Senin 13 Maret 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, petemuan dengan Dirjen Otda berlangsung di Kementerian Dalam Negeri, Senin 13 Maret 2017.

Sebelum bertemu Dirjen Otda, 17 pejabat eselon II yang dicopot Gubernur Zaini Abdullah bertemu Mayjen TNI (Purn) Soedarmo Dirjen Politik dan Pemerintahan Kementerian Dalam Negeri yang juga mantan Plt Gubernur Aceh.

Sebelumya diberitakan, kebijakan Gubernur Aceh Zaini Abdullah melakukan mutasi 33 pejabat Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) sangat disayangkan oleh sejumlah pihak, termasuk anggota DPRA, sebab kebijakan itu dinilai melanggar hukum.

“Mutasi sungguh di luar dugaan. Beberapa nama yang punya kinerja bagus diganti, sementara yang bermasalah justru dipertahankan dan ada yang dipromosikan kembali. Saya sangat menyesali ini. Selain sangat tidak etis, langkah Abu Doto juga pasti akan terhadang oleh UU Nomor 10 tahun 2016 dan Permendagri Nomor 73 Tahun 2016 ,” ujar Ketua Banleg DPRA, Iskandar Alfarlaki, Sabtu 11 Maret 2017.

Menurutnya, berdasarkan pasal 71 ayat (2) UU Nomor 10 tahun 2016 telah melarang kepala daerah melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri.

Aturan tersebut kemudian ditegaskan kembali melalui Permendagri Nomor 73 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Persetujuan Tertulis untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Kode:47
Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...