Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

156 Calon Jamaah Haji Aceh Barat Batal Berangkat Tahun Ini

SITI AISYAHKepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Drs Tharmizi
A A A

ACEH BARAT - Sebanyak 156 calon jamaah haji dari Kabupaten Aceh Barat terpaksa dibatalkan keberangkatannya. Keputusan itu dilakukan karena menindaklanjuti kebijakan pembatalan haji yang dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No.494/2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Drs Tharmizi saat dikonfirmasi acehimage.com, Selasa 2 Juni 2020 mengatakan pembatalan 156 calon jamaah haji ini dilakukan karena mengikuti arahan dari pusat yang membatalkan seluruh keberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia karena imbas pandemi COVID-19 di Tanah Air maupun Arab Saudi belum mereda.

”Sebenarnya kita akan berangkat pertengahan bulan Juli. Namun sudah ada keputusan ini jadi kita harus mengikuti arahan dari pusat. Saat ini calon jamaah haji berjumlah 156 orang yang harus dibatalkan keberangkatannya," ujar Tharmizi.

Dirinya menambahkan, bagi semua calon jamaah yang telah melunaskan biaya haji tapi batal berangkat, bisa mendapatkan kembali BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji)jika jamaah meminta dikembalikan. Namun apabila jamaah tidak mengusulkan pengembalian dana maka uang tersebut akan dijadikan dana haji untuk tahun depan.

”Setorang uang Bipih bisa diminta kembali jika dibutuhkan. Namun untuk caranya kita masih menunggu arahan dari pusat karena hal inikan baru saja di umumkan,” tambahnya.

Dirinya juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan bagi seluruh calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini untuk tidak berkecil hati dan bisa mengambil hikmahnya, karena ibadah haji itu merupakan panggilan dari Allah SWT yang merupakan perbuatan yang mulia.

”Dibalik kejadian ini pasti banyak hikmah yang bisa kita petik, karena sebelumnya tidak pernah ada kejadian batal haji dan baru tahun ini karena Covid-19,” pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...