146 Calon Komisioner KIP Aceh Mengikuti Ujian Tertulis

FOTO | AK Jailani.
A A A

Ujian tulis ini merupakan seleksi tahap awal. Dari ujian tulis ini akan dipilih 42 orang yang selanjutnya mengikuti pemeriksaan kesehatan, tes narkoba dan lainnya

Zainal Abidin Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KIP Aceh

BANDA ACEH - Sebanyak 146 calon komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh yang dinyatakan lulus administrasi menjalani ujian tulis.

Ujian tulis calon anggota komisi penyelenggara pemilihan umum itu dipusatkan di ruang sidang utama dan ruang serba guna DPRA, Banda Aceh, Selasa, (3/4)

Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KIP Provinsi Aceh Zainal Abidin mengatakan, ujian tulis diikuti 146 peserta dari 151 orang yang mendaftar. Mereka yang mengikuti ujian tulis telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

"Ujian tulis ini merupakan seleksi tahap awal. Dari ujian tulis ini akan dipilih 42 orang yang selanjutnya mengikuti pemeriksaan kesehatan, tes narkoba dan lainnya," kata Zainal Abidin.

Mantan anggota atau komisioner KIP Aceh itu menyebutkan dari 42 orang tersebut selanjutnya diseleksi menjadi 21 orang. Ke-21 orang itu nantinya akan diserahkan ke Komisi I DPR Aceh.

"Komisi I DPR Aceh akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk memilih tujuh orang komisioner KIP Aceh periode 2018-2023. Serta tujuh orang sebagai cadangan," kata dia.

Zainal Abidin mengatakan, soal ujian tulis dibuat akademisi Universitas Islam Negeri Ar Raniry dan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Begitu juga dengan pemeriksaan soal ujian, lanjut dia, diperiksa langsung oleh akademisi tersebut. Panitia seleksi hanya mengawasi jalannya ujian tulis.

"Proses ujian tulis kami serahkan sepenuhnya kepada akademisi UIN dan Unsyiah. Mereka nantinya yang menentukan 42 nama yang dinyatakan lulus dan mengikuti seleksi ke tahap berikutnya," kata Zainal Abidin.

Fotografer:AK Jailani
Kode:47
Sumber:antara
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...