130 Personil Kawal Pendistribusian Surat Suara

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SABANG - Polisi Resor (Polres) Kota Sabang menurunkan sedikitnya 130 personil gabungan untuk mengawal pendistribusian kotak dan kertas suara ke 65 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 15 Februari 2017 di Kota Sabang, Aceh.

"Ketika pendistribusian kotak dan surat suara nantinya akan dikawal ketat oleh 130 personil gabungan terdiri dari kepolisan dan unsur TNI," kata Kapolres Kota Sabang AKBP Slamet Wahyudi di Sabang, Kamis.

Wahyudi juga menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengawalan ketat saat mobilisasi kotak dan surat suara ke TPS yang tersebar di 18 gampong (desa) di dua kemataan.

"Nanti sebelum dilakukan pencoblosan semua kotak suara harus dipastikan kosong dan kepada masyarakat serta pihak-pihak terkait dalam penyelenggara pilkada diharapkan bereran aktif untuk bersama-sama mengawal jalannya pilkada," harap Kapolres Sabang Sabang.

Sebelumnya, Komisioner KIP Kota Sabang Muallim Hasibuan secara detail menyebutkan, jumlah pemilih tetap keseluruhan 24.634 lembar, ditambah 2,5 persen jadinya 25.280 lembar, kemudian ditambah lagi surat suara cadangan untuk antisipasi pemilihan ulang 2.000 lembar, jadi keseluruhan kertas suaranya yang KIP terima berjumlah 27.280.

Ia juga menyampaikan, surat suara tersebut dipastikan dalam keadaan aman, pasalnya gudang tempat penyimpanan surat suara hanya ada dua kunci, sutau dipegang oleh KIP dan satu lagi dipegang oleh pihak kepolisian.

"Semua lokasi TPS mudah terjangkau, jadi pendistribusian kertas suara ke TPS-TPS satu hari atau dua hari sebelum pemilihan," ujarnya.

Ada pun tiga pasangan calon Wali Kota Sabang periode 2017-2022 meliputi, pasangan Izil Azhar dan Anwar (nomor 1), Zulkifli H Adam dan Zulwanda (nomor 2) dan pasangan Nazaruddin dan Suradji Djunus (nomor 3).

Pasangan Izil Azwar dan Anwar maju melalu jalur perseorangan (independen), Zulkifli H Adam dan Zulwanda diusung partai, PKS, PPP, NasDem, PAN, PNA, PDI-P dan PBB lalu, Nazaruddin dan Suradji Djunus disusung Partai Aceh, Golkar, Demokrat, PKB dan Gerindra.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah menetapkan tahapan kampanye terhitung sejak tanggal 28 Oktober 2016 sampai dengan tanggal 11 Februari 2017 dan Pilkada tahap kedua akan berlangsung serentak di 101 daerah se-Indonesia pada tanggal 15 Februari 2017.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...