Akibat Hujan Salju,

13.000 Turis Terjebak di Kawasan Pegunungan Alpen

FOTO | ISTIMEWAHujan salju
A A A
Wisatawan tidak mungkin bisa memanfaatkan salju yang melimpah karena risikonya longsor. Selain itu sejumlah perjalanan juga tidak bisa dilakukan. Tapi hal itu bisa terlihat romantis dan belum terlihat kepanikan,

BULAN ini sejumlah negara tengah mengalami winter atau musim dingin. Saat musim ini tiba, banyak orang yang gemar bermain ski karena turunnya salju. Bahkan sejumlah wisatawan sengaja mengunjungi suatu destinasi yang dianggap memiliki medan terbaik untuk bermain ski. Salah satu tempat yang seringkali dijadikan tujuan adalah Pegunungan Alpen di Swiss.

Di sana banyak resor yang siap menampung wisatawan. Sayangnya sebuah musibah harus terjadi. Sebanyak 13.000 wisatawan yang menginap di daerah Zermatt terjebak badai salju dan beberapa orang dilaporkan hilang. Hal itu dikarenakan salju menutupi lift gunung, jalan ski, jalur pejalan kaki, dan layanan kereta di desa.

Pihak setempat bahkan berusaha memindahkan para wisatawan menggunakan helikopter. Pasalnya Zermatt adalah kawasan yang rawan longsor, terutama di saat musim dingin seperti ini. Namun salju tebal menghambat proses evakuasi dan membuat wisatawan harus berdiam diri di tempat penginapannya.

“Wisatawan tidak mungkin bisa memanfaatkan salju yang melimpah karena risikonya longsor. Selain itu sejumlah perjalanan juga tidak bisa dilakukan. Tapi hal itu bisa terlihat romantis dan belum terlihat kepanikan,” ujar kepala stasiun, Janine Imesch seperti yang dikutip dari Gulf Times, Rabu (10/1/2018).

Sementara itu, berdasarkan laporan dari kantor yang memuat data wisatawan tidak ada alasan untuk khawatir. "Masih ada kemungkinan wisatawan bisa keluar walaupun salju tebal. Suasana di desa masih terasa santai dan nyaman,” tutur juru bicara turis.

Bagi wisatawan yang ingin meninggalkan desa, pejabat kota menyediakan helikopter. Mereka diterbangkan sejauh 5 km dari desa. Sesampainya di sana ada bus yang siap membawa mereka ke stasiun kereta api. Selain membawa orang keluar dari desa, helikopter juga melayani wisatawan yang masih ingin mengunjungi Zermatt.

Tebalnya salju tidak hanya mengganggu aktivitas di Zermat. Di beberapa tempat aktivitas juga menjadi terhambat. Bahkan ada yang kondisinya lebih parah karena mengalami lumpur, batuan beku, hingga banjir. Beberapa wilayah yang merasakan dampak badai salju adalah Eyholz dan Mottec. Resor di Perancis dan Italia pun ikut merasakan hal yang sama.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...