Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

11.424 Pekerja di Banda Aceh Sudah Dapatkan BSU

HUMAS PEMKO BANDA ACEHDinas Tenaga Kerja melakukan audiensi dengan pihak BP Jamsostek
A A A

BANDA ACEH- Kepala Dinas Tenaga Kerja melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Badrun, SE mengatakan sebanyak 11.424 pekerja di Banda Aceh sudah mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sampai dengan tahap tiga penyaluran.

"Di Banda Aceh tahap satu ada 1214 penerima, kemudian tahap dua ada 1475 dan ada 8.735 di tahap tiga, jadi sampai tahap tiga ini sudah ada 11.424 pekerja yang mendapatkan BSU," kata Badrun, pada Senin (14/09/2020) saat dikonfirmasi melalui telepone.

Badrun mengatakan, data tersebut diperolehnya dari hasil audiensi antara pihaknya bersama Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit dengan BP Jamsostek Banda Aceh.

"Kita sudah melakukan audiensi dengan pihak BP Jamsostek pada hari Selasa lalu, mengenai BSU untuk pekerja yang bergaji dibawah lima juta dan yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek)," kata Badrun.

Ia juga mengatakan bahwa dalam bantuan subsidi upah tersebut peran BP Jamsostek hanya sebagai penyaji data nomor rekening tenaga kerja.

"BP Jamsostek tidak memiliki rekap nama tenaga kerja penerima BSU dan tidak mengetahui secara pasti tanggal proses pencairan BSU, sesuai dengan Permenaker 14/2020 Pasal 1 ayat 6 adalah pengguna anggaran adalah Kementrian Ketenagakerjaan RI," ujarnya.

Kata Badrun, BSU tersebut adalah bantuan uang sejumlah Rp. 2,4 juta untuk empat bulan yang diberikan kepada pekerja yang terdampak pandemi Covid-19, dengan kriteria berpendapatan di bawah 5 juta dan terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Pada audiensi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (BP Jamsostek) Awalul Riza, Anggota LKS Tripartit dan Staf Hubungan Industrial Disnaker Banda Aceh.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...